Terbebas Banjir dan Terima Ganti Rugi Normalisasi

  • 18 Mei 2024 11:01:51
  • Views: 9

Jakarta -

Proyek normalisasi Ciliwung di Rawajati, Jakarta Selatan (Jaksel), segera dilakukan. Proyek berjalan setelah pembebasan lahan selesai dilakukan.

Secara umum, dilanjutkannya proyek normalisasi Ciliwung diharapkan mengurangi potensi banjir Jakarta. Tapi secara khusus, kelanjutan normalisasi juga jadi rezeki bagi warga Rawajati.

Warga RW 7 Rawajati sudah 30 tahun menjadi langganan banjir. Selain terbebas banjir, warga Rawajati pun 'ketiban' rezeki uang ganti rugi pembebasan lahan.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengerjaan fisik normalisasi Kali Ciliwung di Rawajati dilakukan sepanjang 200 meter. Sementara di wilayah Cililitan sepanjang 160 meter. Pembangunan fisik dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Setelah pembebasan lahan, akan dilakukan pengerukan untuk normalisasi Sungai Ciliwung yang sempat tertunda. (Foto: Ari Saputra/detikcom)

3 Dekade Kebanjiran

Banjir kerap melanda wilayah RW 7, Rawajati. Warga mengaku kerap dilanda banjir sejak 30 tahun lalu.

"Udah kenyang, dari 2007 itu banjir gede, 2003 banjir. 30 tahun lebih," kata seorang warga, Supriyati (65) saat ditemui di kawasan Rawajati, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024).

Dia mengatakan banjir yang terjadi di wilayahnya disebabkan 'kiriman air' dari Bogor dan Depok. Biasanya banjir melanda rumah warga Rawajati hingga meluber ke jalanan.

"Sekarang kan kalau (banjir) gede sampai jalanan. Kalau hujan (di Jakarta) nggak ngaruh. Tapi kalau hujan terus-terusan di Depok dan Bogor, (baru) sini kena," ujarnya.

Terima Ganti Rugi

Supriyati termasuk warga yang lahannya terdampak normalisasi Kali Ciliwung di RW 7 Rawajati. Supriyati mengaku mendapat uang ganti sekitar Rp 500 juta dengan luasan lahan terdampak sekitar 45 meter persegi.

"Rp 500 juta lebih, karena aku nggak luas. Sudah (sepadan), bisa beli rumah lagi," ucapnya.

Supriyati mengaku kembali mencari hunian baru di wilayah Rawajati. Dia tetap memilih tinggal di Rawajati karena sudah tinggal di kawasan tersebut sejak 1978.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7346283/rezeki-warga-rawajati-terbebas-banjir-dan-terima-ganti-rugi-normalisasi
Tokoh

Graph

Extracted

topics Banjir,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor, Cililitan, Depok, Rawajati,