Pemkab Lumajang Sambut Proyek Pengembangan Hortikultura Lahan Kering HDDAP 811 Hektare

  • 17 Mei 2024 08:45:20
  • Views: 15

Lumajang (beritajatim.com) – Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun), dengan antusias menyambut inisiatif Kementerian Pertanian melalui proyek Horticulture Development Dryland Area Project (HDDAP) yang bertujuan mengembangkan hortikultura di lahan kering.

Dalam acara penyambutan Penanggung Jawab HDDAP dari Kementerian Pertanian, Yuyun menyampaikan apresiasinya terhadap proyek ini yang diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Lumajang.

“Kami menyambut baik upaya Kementan di Lumajang dan berharap program ini akan membantu meningkatkan irigasi serta kemandirian pangan di daerah kami,” ujarnya, Kamis (16/5/2024).

Pj. Bupati juga menjelaskan bahwa program HDDAP akan difokuskan pada tiga komoditas hortikultura utama, yaitu pisang, manggis, dan kentang. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kualitas budidaya dan pengolahan hasil, memperluas akses pasar, dan meningkatkan potensi ekspor.

“Melalui HDDAP, kami tidak hanya mendapatkan bantuan bibit dan lainnya, tetapi juga dukungan teknis dalam budidaya dan pemasaran. Semoga program ini menjadikan Lumajang sebagai lumbung pangan di Jawa Timur.” lanjutnya

Penanggung Jawab Project HDDAP Lumajang, Ircham Ritadi, mengungkapkan bahwa Kabupaten Lumajang terpilih sebagai proyek percontohan dari 13 kabupaten/kota untuk pengembangan hortikultura lahan kering. “Proyek ini akan fokus pada pengelolaan lahan kering dengan prinsip konservasi tanah dan air untuk mencegah degradasi lahan,” jelasnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Hairil Diani, menambahkan bahwa Program HDDAP Kementerian Pertanian akan dilaksanakan di tiga kecamatan, yakni Senduro, Pasrujambe, dan Gucialit, dengan total lahan pengembangan mencapai 811 hektar. “Kami berharap mendapatkan saran dan masukan untuk memaksimalkan potensi lahan yang kami miliki,” pungkasnya.

Dengan adanya program HDDAP ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lumajang. [ian]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/pemkab-lumajang-sambut-proyek-pengembangan-hortikultura-lahan-kering-hddap-811-hektare/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Kementan,
topics ekspor,
fasums lumbung pangan,
places JAWA TIMUR,
cities Lumajang,
plants kentang,