Bentar Lagi Proyek MRT Cikarang-Balaraja Dimulai, Begini Bocorannya

  • 17 Mei 2024 01:36:43
  • Views: 11

Jakarta, CNBC Indonesia - PT MRT Jakarta baru saja mendapat pinjaman 140,69 miliar yen atau sekitar Rp14,51 triliun (asumsi kurs Rp103,18 per yen) dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Selanjutnya, MRT Jakarta mengungkapkan, proyek MRT lintas Timur-Barat yang menghubungkan Cikarang-Balaraja bakal segera dimulai.

Uang tersebut bakal digunakan untuk membangun fase I tahap 1 yang menghubungkan Medan Satria-Tomang sepanjang 24,5 kilometer dan menjadi tanggung jawab Pemda DKI maupun pemerintah pusat.

"Pemprov DKI akan menanggung sekitar 51 persen dan sisanya oleh pemerintah pusat melalui hibah," kata Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat dalam acara Forum Jurnalis MRT Jakarta di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

-

-

Namun sebelum resmi menggunakan pinjaman tersebut, MRT Jakarta bakal menggunakan anggaran dari pemerintah pusat terlebih dahulu untuk selanjutnya dilakukan verifikasi oleh pemberi pinjaman, dalam hal ini Jepang untuk mengucurkan dananya.

"Jadi, untuk yang pembangunan awal itu skemanya akan ditanggung pemerintah pusat dahulu. Kemudian, dilakukan verifikasi oleh pihak Jepang. Kurang lebih seperti itu," ungkapnya.

Adapun pembangunan rute Medan Satria-Tomang merupakan rencana awal untuk pengembangan Lintas Timur-Barat (East-West) yang menghubungkan Cikarang dengan Balaraja. Peletakan batu pertama atau groundbreaking diperkirakan bakal berlangsung dalam waktu dekat ini.

"Pembangunan East-West, Insyaallah groundbreaking dilakukan di Agustus tahun ini dari Timur ke Barat," ungkap Tuhiyat.

Adapun fase I tahap 1 proyek East-West akan mencakup jalur Medan Satria-Tomang dan Rorotan sepanjang 30,4 km. Di dalamnya bakal terdapat 21 stasiun yang terdiri dari 13 stasiun elevated dan 8 stasiun bawah tanah.

Selanjutnya bakal dibangun fase II yang mencakup Kembangan-Balaraja sepanjang 29,9 km dengan 14 stasiun elevated.

"Sedangkan pembangunan fase 1 tahap 2 Tomang - Kembangan, masih ada kajian dulu, terkait dengan siapa provider financing belum ada," jelas Tuhiyat.


[-]

-

Jepang Garap MRT Fase 3 Jalur Medan Satria-Tomang, Lanjut Kembangan?
(dce)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240516174002-4-538795/bentar-lagi-proyek-mrt-cikarang-balaraja-dimulai-begini-bocorannya
Tokoh

Graph

Extracted

companies PT MRT Jakarta,
products MRT, yen,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta, Sumatera Utara,
cities Cikarang, Kembangan, Rorotan, Tomang,