Seekor Penyu Lekang Berbobot 30 Kg Ditemukan Mati Siang Ini di Pantai Bantul

  • 16 Mei 2024 15:16:17
  • Views: 4

Harianjogja.com, BANTUL—Seekor penyu jenis lekang ditemukan mati di timur Pantai Indokor, Kawaru, Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Rabu (15/5/2024) pukul 14.15 WIB.

Penyu tersebut berbobot 30 kilogram, dan berdimensi panjang 65 sentimeter dan lebar 65 sentimeter dengan jenis kelamin jantan.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Kabupaten Bantul Nugroho menjelaskan bangkai penyu itu ditemukan oleh tim SAR saat sedang patroli wilayah. Ketika ditemukan, penyu dalam kondisi membusuk mati di pinggir pantai.

"Kemungkinan mati karena makan sampah plastik," kata Nugroho, Rabu (15/5/2024).

BACA JUGA: Sidang Pembuang Sampah Liar, PN Sleman Vonis Pelaku Bayar Denda Rp1 Juta

Nugroho menyebut penyu tersebut telah mati lebih dari 24 jam. Guna menghindari ketidaknyamanan wisatawan dan munculnya bau, maka pihaknya langsung mengubur penyu tersebut.

"Jadi langsung kami kubur," terang Nugroho.

Menurut Nugroho, keberadaan penyu lekang itu adalah hal yang wajar pada bulan-bulan Mei. Sebab, bulan-bulan tersebut adalah bulan penyu bertelor.

BACA JUGA: Berikut Daftar 10 Paket Pembangunan Strategis 2024 yang Dilaksanakan Pemkot Jogja, Terbesar Grha Budaya

"Bulannya penyu ke darat. Untuk kejadian penyu mati sendiri ini adalah kali keempat sejak Januari. Selain di tempat tersebut, sebelumnya kami menemukan penyu mati di Pantai Goa Cemara, Pantai Cangkring dan Pantai Pandansimo," ucap Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Sumber: https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2024/05/15/511/1174602/seekor-penyu-lekang-berbobot-30-kg-ditemukan-mati-siang-ini-di-pantai-bantul
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Tim SAR,
places DI YOGYAKARTA,
cities Bantul, Sleman,