Saya Keluar dari Militer 25 Tahun Lebih

  • 16 Mei 2024 07:44:34
  • Views: 5

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menyebutkan bahwa gaya kepemimpinan militeristiknya sudah tidak lagi relevan.

Hal itu diungkapkan Prabowo saat sesi tanya jawab dengan Kepala Koresponden Internasional Bloomberg wilayah Asia Tenggara, Haslinda Amin, dalam Forum Ekonomi Qatar di Doha, Rabu (15/5/2024) waktu setempat.

Mulanya, Haslinda Amin bertanya soal gaya kepemimpinan militer ala Prabowo.

Sebab, Prabowo berkecimpung di TNI selama lebih kurang 24 tahun.

Baca juga: Prabowo Tak Mau Pemerintahannya Diganggu, PDI-P: Berbahaya

 

Jabatan strategis seperti Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) dan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad) pernah diemban Prabowo.

“Sejumlah orang merasa kebijakan-kebijakan Anda akan dilihat melalui kaca mata militer, bagaimana respons Anda?” kata Haslinda Amin.

Namun, Prabowo tidak mau disebut demikian. Ia menyebut gaya kepemimpinan militeristik "non-sequitur" atau tidak relevan.

"Anda tahu, saya sudah keluar dari militer selama mungkin lebih dari 25 tahun. Jadi menurut saya hanya itu yang Anda sebut militeristik, ini tidak relevan. Itu tidak ada hubungannya dengan apa pun," kata Prabowo.


Haslinda Amin lalu bertanya, “Seperti apakah gaya kepemimpinan Prabowo?”

“Saya akan menjadi diri sendiri, saya yang asli,” tutur Prabowo.

Baca juga: Disebut Akan Lemahkan Demokrasi, Prabowo Tertawa

Prabowo "asli" yang ia maksud adalah setia pada prinsip, nilai, dan cita-cita sebagai seorang patriot.

“Nilai utama saya adalah kesejahteraan rakyat saya. Rakyat harus aman, tidak boleh lapar dan harus mempunyai kehidupan yang baik. Itulah impian setiap patriot di setiap negara di dunia," tutur Prabowo.

Dalam Forum Ekonomi Qatar itu, Prabowo hadir bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Gibran tampak duduk barisan paling depan menyimak sesi tanya jawab tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2024/05/16/07443491/sebut-gaya-kepemimpinan-militeristik-tak-lagi-relevan-prabowo-saya-keluar
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gibran Rakabuming Raka, Prabowo,
companies Bloomberg, WhatsApp,
ministries Kopassus, TNI, TNI AD,
nations Qatar,
places DKI Jakarta,
cities Doha,