Gunung Dukono Meletus, Hembuskan Abu Vulkanik Setinggi 1,2 Km

  • 16 Mei 2024 09:07:39
  • Views: 9

JAKARTA - Gunung Dukono di utara Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi pada Kamis (16/5), pukul 06.34 WIT, dengan tinggi kolom abu yang diembuskan, teramati lebih kurang 1.200 meter di atas puncak gunung itu.

"Gempa letusan terekam pada seismogram dengan amplitudo 14 milimeter dan lama gempa 70,56 detik," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono, Saum Amin, dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis (16/5).

Ia mengatakan kolom abu vulkanik yang keluar akibat erupsiberwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

Baca Juga :

Kabar Terbaru, Gunung Semeru Erupsi Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas, mendaki, ataumendekati Kawah Malupang Warirang Gunung Dukono di dalam radius tiga kilometer.

Masyarakat direkomendasikan untuk selalu menyediakan masker guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik yang mengganggu sistem pernapasan.

Karakteristik erupsi Gunung Dukono bersifat eksplosif dan efusif yang menghasilkan abu, lontaran batu pijar, aliran piroklastika, dan aliran lava.

Baca Juga :

Gunung Marapi Erupsi Lagi, Bukittinggi Dihujani Abu Vulkanik

Gunung Dukono memiliki ketinggian 1.335 meter di atas permukaan air laut. Pemukiman terdekat berada pada jarak 11 kilometer dari puncak gunung api tersebut.


Redaktur : Lili Lestari

Penulis : Antara


Sumber: https://koran-jakarta.com/gunung-dukono-meletus-hembuskan-abu-vulkanik-setinggi-1-2-km?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries PVMBG,
organizations API,
topics Gempa,
products masker,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN UTARA, MALUKU, MALUKU UTARA,
cities Gunung,