Tak Hanya Guru, Pinjol Sudah Menyasar Masyarakat Luas

  • 16 Mei 2024 08:49:14
  • Views: 5


Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, berpendapat, sebenarnya bukan hanya kalangan guru, Pinjol juga sudah menyasar masyarakat luas. Bahkan berujung taruhan nyawa, karena tekanan yang ada.

"Keberadaan Pinjol harus segera diatasi, korbannya sudah menyasar masyarakat luas, bukan hanya guru," tegas Lestari, kepada Kantor Berita Politik RMOL, di Jakarta, Rabu (15/5).

Anggota Komisi X itu juga meminta pemerintah melakukan perbaikan terhadap sistem Pinjol.

"Jeratan Pinjol yang dialami masyarakat perlu penanganan dan perbaikan menyeluruh. Berbagai upaya harus dilakukan, mulai memperbaiki peraturan, tata kelola, mekanisme, legalitas, pengawasan, hingga sanksi bila terjadi pelanggaran," paparnya.

Edukasi dan sosialisasi Pinjol kepada masyarakat luas juga harus dilakukan secara konsisten, sehingga masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk guru, memiliki literasi yang memadai terkait Pinjol.

Ia berharap pemerintah menaruh perhatian serius terhadap para guru Indonesia, agar tidak ada yang terjerat Pinjol, apalagi hingga ratusan juta rupiah, dan akhirnya bunuh diri.

"Kesejahteraan guru harus segera diwujudkan, demi memenuhi amanat konstitusi, agar proses pembangunan di negeri ini benar-benar mampu mencerdaskan kehidupan bangsa," tutupnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.


Sumber: https://rmol.id/politik/read/2024/05/15/620423/tak-hanya-guru-pinjol-sudah-menyasar-masyarakat-luas
Tokoh



Graph

Extracted

persons Lestari Moerdijat,
companies Google,
ministries MPR RI,
products Pinjol,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, rupiah,