Kisah Kelam Pembunuh Ibu Kandung di Sukabumi: Ayahnya Meninggal Dihajar Massa Usai Dituduh Dukun Santet

  • 15 Mei 2024 13:50:45
  • Views: 12

SUKABUMI - Rahmat alias Herang (26) mengejutkan warga Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, dengan aksi keji membunuh ibunya sendiri, Inas (45).

Di balik tragedi ini, tersimpan kisah masa lalu yang kelam yang mungkin mempengaruhi kondisi mental Herang hingga tega melakukan perbuatan sadis tersebut.

Kisah tersebut tersebar di kalangan warga setempat. Mereka berbisik tentang masa lalu kelam yang dialami keluarga Herang. Konon, ayahnya tewas dibunuh oleh massa yang menuduhnya sebagai dukun santet. Kejadian ini diperkirakan terjadi sekitar tahun 1999, ketika isu dukun santet sedang marak.

"Ia ceritanya seperti itu, dulu katanya perkiraan tahun 1999 kurang lebih saat itu ramai-ramainya soal isu dukun santet, (ayah Herang) jadi kena tuduh santet," kata Awan Kurniawan, Kepala Desa Sekarsari, Rabu (15/5/2024).

Menurut Awan, peristiwa tragis yang menimpa ayahnya kemungkinan besar berdampak buruk pada kondisi mental Herang. Dari pengamatannya, Herang terlihat sering bingung dan tatapannya kosong saat digiring polisi.

"Dulunya itu, mungkin ini ya perkiraan atau dugaan saya mentalnya itu dia kan dewasa, mungkin dia dapat cerita itu dari orang-orang. Jadi sakapeung kitu sakapeung kieu, seuseuitan (Seperti orang bingung)," tutur Awan.

Seorang tokoh masyarakat setempat, H Deris, juga mengungkapkan cerita yang sama. Ia menyebutkan bahwa ayah Herang dibunuh oleh massa yang menuduhnya sebagai dukun santet. Menurut Deris, Herang adalah anak yang polos dan tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal atau penyalahgunaan narkoba.

"Anak itu dahulu orang tuanya juga dibunuh, oleh massa. Jadi ke fitnah jadi tukang eta lah (dukun santet) jaman dulu, menurut keterangan begitu kalau saya kan dulu jarang di rumah. Anaknya polos, tidak pernah terlibat kasus kriminal atau terlibat narkoba," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kepolisian berencana memeriksa kondisi kejiwaan Herang. Meskipun sejauh ini polisi tidak menemukan tanda-tanda gangguan mental yang signifikan, mereka tetap akan memanggil psikolog untuk memastikan kondisi pelaku.

"Dia diam saat ditanya apakah menyesal, sepertinya ada keterlambatan dalam berpikir, kita akan panggil psikolog untuk mengecek kondisi kejiwaanya, tapi sejauh ini komunikasi masih bisa, ditanya dia menjawab," ujar Ali Jupri, Kasat Reskrim Polres Sukabumi.

Meskipun pelaku masih bisa berkomunikasi dengan baik, tatapan kosong dan perilaku bingung Herang mengindikasikan adanya masalah psikologis yang mendalam.

"Pemeriksaan lebih lanjut diharapkan dapat mengungkap kondisi sebenarnya dari pelaku dan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai motif di balik pembunuhan tragis ini," tuturnya.


Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/05/15/525/3008763/kisah-kelam-pembunuh-ibu-kandung-di-sukabumi-ayahnya-meninggal-dihajar-massa-usai-dituduh-dukun-santet
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Polisi,
topics santet,
places JAWA BARAT,
cities Cilandak, Sukabumi,
cases Narkoba, pembunuhan,