Polisi Ringkus 7 Pelaku Prostitusi Online Anak Bawah Umur di Surabaya

  • 15 Mei 2024 07:45:13
  • Views: 9

Liputan6.com, Jakarta Polrestabes Surabaya meringkus tujuh orang pelaku kasus prostitusi online anak di bawah umur di Kota Pahlawan. Ketujuh orang itu yakni, YY, RS, AM, SS, RI, AS dan satu lagi anak laki-laki di bawah umur.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Hendro Sukmono, mengatakan ketujuh pelaku yang sudah ditetapkan menjadi tersangka ini terancam Pasal 2 dan Pasal 17 UU No 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang menjadikan empat anak di bawah umur sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK).

Dan atau Pasal 88 dan Pasal 80 UU No 35 tahun 2014 tentang Perubahan kedua atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau pasal 296 KUHP.

"Adapun ancaman hukumannya terkait pasal TPPO minimal 3 tahun, maksimal 15 tahun. Untuk pasal perlindungan anak ancaman hukumannya minimal tiga tahun dan maksimal hingga 10 tahun," ujar Hendro, Selasa (14/5/2024).

Hendro menceritakan, kasus prostitusi anak di bawah umur ini terungkap melalui laporan salah korban di Mapolrestabes Surabaya, dengan nomor LP:442/B/ VI/ RES.1.24/2024/SPKT/POLRESTABES SURABAYA/ POLDA JAWA TIMUR, Senin 6 Mei 2024.

Polisi pun melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap YY perempuan 24 tahun asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Ia dibekuk bersama enam anak buahnya, dan empat anak di bawah umur yang dijadikannya PSK.

"Tersangka YY sebagai muncikari dibantu enam tersangka lain sebagai bawahan yang bekerja sebagai admin atau joki dengan peran mencari tamu melalui aplikasi," ucap Hendro.

Hendro mangatakan, tersangka YY mengendalikan empat orang korban sebagai PSK sejak bulan Januari 2024. Mereka berasal dari Sumatera Selatan dan rata-rata masih berusia 15-17 tahun.

Dalam aksinya, YY memesan dua unit di apartemen B di Surabaya sebagai basecamp. Setiap harinya, sejak pukul 12.00 WIB, YY mendatangkan ahli make up untuk merias para korban. Lalu, sekitar pukul 14.00 WIB para tersangka dan korban mulai berpindah menuju hotel yang sudah ditentukan YY.

Setibanya di hotel, tersangka YY memesan lima kamar. Empat kamar digunakan sebagai tempat untuk melayani tamu, sedangkan satu kamar lainnya digunakan sebagai kantor para joki sebagai operator prostitusi online untuk mencari tamu melalui aplikasi.

"Rata-rata masing-masing korban melayani 10-20 tamu perhari, dengan jam operasional sejak pukul 15.00 - 03.00 WIB dini hari. Setelah aktivitas selesai, mereka kembali ke apartemen B," ujar Hendro.

 

Prostitusi Online Remaja di Kebumen, Harga Murah


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5596112/polisi-ringkus-7-pelaku-prostitusi-online-anak-bawah-umur-di-surabaya
Tokoh

Graph