Jokowi Pastikan Pembentukan Pansel Capim KPK Selesai Juni, Ini Kriterianya

  • 14 Mei 2024 14:25:15
  • Views: 5

Kolaka Utara -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (capim) KPK tengah dalam proses. Ia menargetkan Pansel KPK sudah selesai Juni.

"Ini baru di siapkan, nanti Juni lah sudah kita selesaikan," kata Jokowi usai mengunjungi Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Jokowi enggan menyebut nama-nama kandidat yang muncul sejauh ini. Namun dia memastikan Pansel Capim KPK nantinya akan memiliki integritas dan fokus pada pemberantasan korupsi.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya tokoh yang baik lah, yang punya integritas, yang concern terhadap pemberantasan korupsi, saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih," ujarnya.

Komposisi Pansel KPK

Istana mengungkap anggota Pansel KPK akan berjumlah 9 orang. Komposisinya bakal lebih banyak nama dari unsur pemerintah.

"Adapun keanggotaan pansel tersebut akan berjumlah sembilan orang, yang terdiri dari lima orang dari unsur pemerintah dan empat orang dari unsur masyarakat yang akan ditetapkan melalui keputusan presiden," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Jokowi, Ari Dwipayana, kepada detikcom, Kamis (9/5).

Belum ada pengumuman mengenai siapa saja sembilan nama tersebut. Namun Ari menjamin nama-nama itu pasti sesuai harapan masyarakat.

"Nama-nama calon anggota Pansel Capim dan Dewas KPK masih terus digodok dengan memperhatikan harapan-harapan masyarakat untuk mendapatkan anggota Pansel yang kredibel dan berintegritas," kata Ari.

(eva/lir)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7339369/jokowi-pastikan-pembentukan-pansel-capim-kpk-selesai-juni-ini-kriterianya
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ari Dwipayana, Joko Widodo,
ministries Dewas KPK, KPK,
places SULAWESI TENGGARA,
cases korupsi,