Andre Rosiade Pastikan HK Bantu Penanganan Banjir Lahar Dingin Sumbar

  • 14 Mei 2024 09:16:34
  • Views: 7

Jakarta -

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade menemui Direktur Operasional III PT Hutama Karya, Koentjoro kemarin siang. Ia memastikan Hutama Karya menurunkan alat berat ke lokasi terdampak banjir bandang akibat lahar dingin Gunung Marapi di Sumbar.

Andre mengungkapkan hal ini dilakukan untuk membantu evakuasi atau penanganan pascabencana banjir bandang dan longsor yang terjadi Tanah Datar dan Agam.

"Alhamdulillah, setelah komunikasi kami, Pak Koentjoro dari HK dan juga pihak HKI (Hutama Karya Infrastruktur) sudah mengirimkan alat berat dan juga truk untuk membantu proses evakuasi dan penanganan tanggap darurat dengan bekerja sama dengan Balai Jalan Kementerian PUPR tentunya. Saya mewakili masyarakat Sumbar mengucapkan terima kasih, Pak," ujar anggota Komisi VI DPR ini dalam keterangan tertulis, Selasa (14/5/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu mengaku langsung berkomunikasi dengan Koentjoro saat bencana terjadi.

"Beliau merespons cepat dengan mengirimkan alat bekerja sama tentu dengan balai jalan Kementerian PUPR. Nah, mungkin ekskavatornya tambah lebih banyak lagi Pak, terima kasih," katanya.

Adapun pengerahan alat berat dari PT HK dan HKI ini difasilitasi Andre Rosiade yang merupakan Anggota Fraksi Gerindra DPR RI selaku wakil rakyat yang mewakili masyarakat Sumbar.

"Kami berkomunikasi dengan mitra yang kami ketahui mempunyai alat berat dan juga dump truk. Mudah-mudahan ini bisa meringankan dan membantu masyarakat, Pemprov Sumbar, dan juga Balai Jalan Kementerian PUPR yang lagi bahu membahu untuk menangani tanggap darurat bencana alam," jelas Andre.

Sementara itu, Direktur Operasional III PT HK Koentjoro mengungkapkan duka cita sedalam-dalamnya atas terjadinya bencana alam yang ada di Sumbar.

"Untuk men-support tersebut, kebetulan Hutama Karya ada pekerjaan tol di Sicincin, Padang Pariaman. Kami siap untuk mensupport penanganan daruratnya seperti yang disampaikan Pak Andre. Kami memiliki alat berat yang bisa diperbantukan untuk mendukung penanganan darurat serta antisipasi awal atas kejadian bencana ini," terang Koentjoro.

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (13/5/2024) pukul 13.00 WIB, korban meninggal dunia akibat banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Sumbar mencapai 43 orang.

Jumlah korban diketahui bertambah setelah tim pencarian dan pertolongan menemukan lima warga warga Kabupaten Tanah Datar dan satu orang warga Padang Pariaman dalam keadaan meninggal dunia. Dari enam jenazah yang ditemukan pada hari ini, empat di antaranya masih dalam proses identifikasi.

Adapun rincian jumlah korban meninggal dunia di Kabupaten Agam 19 orang, Tanah Datar 14 orang, Padang Pariaman 8 orang, dan Kota Padang Panjang dua orang. Sementara itu, korban dalam pencarian sebanyak 15 orang.

Akibat bencana ini, warga pun terpaksa mengevakuasi diri dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat jumlah pengungsi di Kabupaten Agam sebanyak 1.159 jiwa dan di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 2.039 jiwa. Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Tanah Datar bersama dengan Basarnas, TNI, Polri, dan relawan juga terus melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak.

(prf/ega)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7338717/andre-rosiade-pastikan-hk-bantu-penanganan-banjir-lahar-dingin-sumbar
Tokoh





Graph