Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Tinggi Letusan Capai 150 M dari Puncak

  • 14 Mei 2024 07:08:15
  • Views: 7

Jakarta -

Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami erupsi malam tadi. Ketinggian kolom letusan mencapai 150 meter di atas puncak.

Informasi itu disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui media sosial resminya. Erupsi terjadi pada Senin (13/5/2024) pukul 22.47 WITA.

"Terjadi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki pada hari Senin, 13 Mei 2024, pukul 22:47 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 150 meter di atas puncak (± 1734 meter di atas permukaan laut)," demikian penjelasan PVMBG, dikutip Selasa (14/5/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang ke arah barat daya dan barat. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 310 detik.

Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/ wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 KM dari pusat erupsi serta sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 KM pada sektor Timur Laut.

PVMBG juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat di sekitar gunung diminta mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Masyarakat yang terdampak hujan abu diminta memakai masker/penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan. Pemerintah Daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan G. Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Folres Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Becana Geologi, Badan Geologi di Bandung.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Satlak PB setempat dalam memberikan informasi tentang kegiatan Gunung Lewotobi Laki-laki.

Untuk informasi lebih jelas dapat mengubungi Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki atau mengubungi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral pada nomor telepon 022-7272606.

(taa/taa)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7338579/gunung-lewotobi-laki-laki-erupsi-tinggi-letusan-capai-150-m-dari-puncak
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPBD, PVMBG,
topics Banjir,
products masker,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities bandung, Gunung,