Kapal Perang Belanda Bakal Merapat ke RI, Ada Apa?

  • 14 Mei 2024 07:05:57
  • Views: 5

Jakarta, CNBC Indonesia - Kapal perang Belanda akan merapat ke RI. Ini terjadi dari 15 hingga 17 Mei nanti.

"Republik Indonesia akan menyambut kedatangan Kapal Yang Mulia Belanda (HNLMS) Tromp di Tanjung Priok," ujar keterangan resmi Kedutaan Belanda di Indonesia, diterima CNBC Indonesia Senin (13/5/2024).

-

-

"Kunjungan ini menandai komitmen Belanda dalam membina stabilitas dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik," tambahnya,

Merujuk pernyataan Menteri Pertahanan Belanda Kasja Ollongren pengiriman kapal tersebut terkait upaya Belanda mendukung stabilitas dan keamanan di Indo-Pasifik. Negara itu akan mengirimkan fregat setiap dua tahun.

Foto: Dok. Royal Netherlands Navy/The Netherlands Ministry of Defence
Dok. Royal Netherlands Navy/The Netherlands Ministry of Defence

"Kunjungan ke Jakarta ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kerja sama bilateral kita dan menyoroti keterlibatan kita dalam mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang aman dan stabil, termasuk di bidang maritim," kata Duta Besar Belanda Lambert Grijns.

"Kami berkomitmen untuk terus memperluas hubungan kami dengan Indonesia, dan dengan kunjungan pelabuhan ini kami menunjukkan bahwa kami menjalankan apa yang telah kami janjikan," tambahnya.

HNLMS Tromp sendiri merupakan kapal andalan Angkatan Laut Kerajaan Belanda. Kapal itu baru-baru ini menyelesaikan misi di Laut Merah untuk mendukung operasi keamanan maritim Prosperity Guardian melawan serangan kelompok Houthi di Yaman.

HNLMS Tromp memulai perjalanan ke Indo-Pasifik melalui Laut Mediterania dan Samudra Hindia. Belanda juga berkolaborasi dengan India, Singapura dan pelabuhan lain di Indo-Pasifik lain untuk keamanan maritim global.

"Sebagai negara yang sangat mengakar dalam perdagangan, Belanda mempunyai kepentingan dalam menjamin kelancaran perjalanan. Kawasan Indo-Pasifik merupakan pusat pengaruh geopolitik dan ekonomi, dan Indonesia memainkan peran yang sangat penting," kata kedutaan lagi dalam pernyataan persnya.

"Sejalan dengan upaya bersama kami, sebagaimana dibahas dalam Pembicaraan Strategis tahunan antara Pemerintah Indonesia dan Belanda, kami bertujuan untuk lebih memperkuat hubungan bilateral kami. Kunjungan ke pelabuhan Jakarta melambangkan langkah lain menuju kolaborasi yang lebih erat dalam kegiatan militer dan intensifikasi kemitraan ekonomi kita," tambahnya.

"Belanda tetap berkomitmen terhadap kerja sama yang luas di bidang ekonomi, iklim, dan keamanan."


[-]

-

Perang Gaza Minggir, Kapal Perang China-AS Panas di Laut Dekat RI
(sef/sef)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240513180841-4-537741/kapal-perang-belanda-bakal-merapat-ke-ri-ada-apa
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hindia,
companies Guardian,
nations Belanda, India, Indonesia, Republik Rakyat Cina, Singapura, Yaman,
places DKI Jakarta,
cities Tanjung Priok,