Militer Israel Kembali Masuk ke Rafah

  • 14 Mei 2024 02:22:12
  • Views: 8

RADARBANGSA.COM - Pasukan Israel kembali mendesak Warga Gaza ke kota selatan Gaza, Rafah untuk merebut kembali wilayah di mana mereka mengklaim telah mengalahkan Hamas beberapa bulan lalu.

Dalam pertempuran paling sengit selama berminggu-minggu yang terjadi di tepi utara dan selatan Gaza, ratusan ribu warga Palestina kembali mengungsi, dan organisasi bantuan internasional memperingatkan bahwa krisis kemanusiaan bisa semakin memburuk.

"Kami tidak tahu ke mana harus pergi. Kami telah mengungsi dari satu tempat ke tempat lain. Kami berlarian di jalanan. Saya melihatnya dengan mata kepala sendiri. Saya melihat tank dan buldoser. Di sanalah jalan,” kata seorang perempuan yang tidak menyebutkan namanya, dikutip Reuters, Senin 13 Mei 2024.

Israel menggambarkan kembalinya mereka ke wilayah utara, tempat mereka menarik sebagian besar pasukannya lima bulan lalu, sebagai bagian dari tahap “pembersihan” perang untuk mencegah para pejuang kembali, dan mengatakan bahwa operasi semacam itu selalu menjadi bagian dari tindakan mereka. rencana. 

Pasukan Israel berupaya memusnahkan Hamas, yang menyatakan pihaknya berkomitmen terhadap kehancuran Israel. Kelompok militan tersebut menyerbu Israel pada 7 Oktober 2023 silam, menewaskan 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, berdasarkan perhitungan Israel.

Korban warga Palestina yang tewas kini telah melampaui 35.000 orang, menurut pejabat kesehatan Gaza yang khawatir akan lebih banyak lagi jenazah yang hilang di bawah reruntuhan. Pertempuran tersebut telah merusak wilayah kantong pesisir dan menyebabkan krisis kemanusiaan yang mendalam, dimana Kementerian Kesehatan Gaza memperingatkan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa sistem medis berada di ambang kehancuran karena kekurangan bahan bakar untuk menggerakkan generator dan ambulans.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan sejauh ini mereka telah menemukan 20 jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan udara semalam di Jabalia, sementara puluhan lainnya terluka.


Sumber: https://www.radarbangsa.com/news/48829/militer-israel-kembali-masuk-ke-rafah
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
nations Israel, Palestina,
transportations Ambulans,