Kapolres Bojonegoro Ancam Anggota yang Terbukti Tak Netral dalam Pilkada 2024

  • 13 Mei 2024 22:51:28
  • Views: 7

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kapolres Bojonegoro AKBP Mario Prahatinto berjanji akan menindak tegas anggota polisi yang terbukti tidak netral dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bojonegoro 2024.

“Apabila masih ditemukan adanya anggota Polres Bojonegoro yang melanggar ketentuan terkait netralitas, maka akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya, Senin (13/5/2024).

AKBP Mario menegaskan, selama proses tahapan Pilkada Bojonegoro 2024, sebagai anggota Polri wajib netral dan harus menjadi contoh yang baik di masyarakat. Hal itu tidak ada terkecuali bagi 1.000 anggota polri yang tersebar di Polres Bojonegoro.

AKBP Mario juga menyampaikan bahwa netralitas Polri dalam Pemilu maupun Pilkada telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 28 ayat (1) yang menyebutkan Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Pada ayat (2), lanjut Mario, Polri juga tidak boleh menggunakan hak pilih dan dipilih. Selain itu, Mario menegaskan bahwa anggota Polri dilarang untuk membantu mendeklarasikan bakal pasangan calon dalam Pilkada.

Anggota Polri dilarang menghadiri pada kegiatan deklarasi, rapat, kampanye dan pertemuan maupun komunitas relawan, mempromosikan, menanggapi, dan menyebarluaskan gambar, foto pasangan calon, baik melalui media massa, media daring (online), dan media sosial.

Lanjutnya, dilarang memberikan komentar, penilaian, mendiskusikan pengarahan apapun berkaitan dengan pasangan calon kepada keluarga atau masyarakat atau melakukan segala bentuk kegiatan politik praktis.

“Pedomani aturan yang berlaku sehingga anggota Polri khususnya anggota Polres Bojonegoro tidak melakukan pelanggaran terkait netralitas dalam Pilkada,” pungkas AKBP Mario. [lus/aje]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/kapolres-bojonegoro-ancam-anggota-yang-terbukti-tak-netral-dalam-pilkada-2024/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Polisi,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Bojonegoro,