Anggota DPR Harap BLK Mampu Ciptakan Tenaga Kerja Terampil

  • 13 Mei 2024 19:23:56
  • Views: 31

Samrut Lellolsima | Senin, 13/05/2024 18:13 WIB

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Alifudin. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com – Anggota Komisi IX DPR RI Alifudin menjelaskan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Agrobisnis Bali bisa menyediakan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan oleh sektor pariwisata.

Menurut dia, BLK ini juga harus menanamkan kemandirian kepada anak-anak didiknya agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Sehingga, dengan adanya BLK tersebut, program dari Kementerian Tenaga Kerja dapat termanfaatkan dan mendapatkan bantuan.

"UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Agrobisnis bagi saya sudah sangat bagus. Karena memang ada beberapa pelatihan vokasional yang diberikan kepada anak-anak muda, sehingga mereka benar-benar nantinya bisa bekerja di dunia usaha. Di sini juga banyak permintaan dari dunia usaha terkait dengan anak-anak yang sudah berlatih di BLK tadi dan ini harus ditingkatkan terus. Mungkin jumlah pelatihan yang lebih banyak sehingga bisa menyerap anak-anak muda yang mungkin tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata dia dalam keterangan resminya, Senin (13/5).

Hal yang sama diutarakan saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi IX di UPTD Balai Latihan Kerja Agrobisnis, Kabupaten Gianyar, Bali, akhir pekan lalu.

Alifudin menerangkan, ada di beberapa daerah pengelolaan BLK cenderung kurang baik. Hal itu bisa jadi karena kurang kemampuan manajemen dari masing-masing daerah.

“Saya berharap BLK-BLK yang ada itu betul-betul mendapatkan perhatian dari pusat. Sehingga tidak sekadar dibangun tapi bisa menghasilkan sumber daya manusia yang memang berkualitas dan siap untuk diserap di dunia usaha,” ujar Politikus PKS ini.

Alifudin menilai program-program BLK tersebut sudah cukup bagus. Namun, sejauh ini tiap daerah memiliki kekurangan untuk menyerap lulusan BLK tersebut karena daerah tersebut memiliki karakteristik masing-masing. Sebagai contoh, di daerah wisata tertentu, bisa jadi tenaga terampil barista yang dibutuhkan untuk bisa segera diserap dunia kerja.

“Karena itu, memang perlu dapat dukungan juga dari pemerintah pusat yang terkait dengan pelatihan ada kerja sama dengan pengusaha, sehingga apa yang menjadi persoalan itu bisa diselesaikan bersama,” jelasnya.

Adapun dalam Kunker tersebut, hadir pula Kadisnaker Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani yang memaparkan berbagai program yang telah dijalankan di BLK Gianyar. Bahkan para rombongan disuguhkan kopi oleh peserta pelatihan yang mengikuti kelas Barista di BLK Gianyar.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IX Alifudin Bali pariwisata BLK


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/155616/Anggota-DPR-Harap-BLK-Mampu-Ciptakan-Tenaga-Kerja-Terampil/
Tokoh

Graph

Extracted

ministries DPR RI, Fraksi PKS, Komisi IX DPR RI,
parties PKS,
places DKI Jakarta,