KPU DKI Ungkap Cagub Jakarta Jalur Independen Sudah Input Dukungan ke Silon

  • 13 Mei 2024 16:17:48
  • Views: 10

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengungkapkan sejumlah nama mendaftar sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta lewat jalur independen. Mereka sudah menginput syarat dukungan dan KTP ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Hari ini hari terakhir pendaftaran syarat dukungan gubernur dan wakil gubernur jalur independen atau perseorangan. Kami menerima sudah ada empat paslon," ujar Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya kepada awak media, Minggu (12/5/2024).

Baca Juga

KPU DKI Jakarta Sebut 3 Bacagub Daftar Pilgub Melalui Jalur Independen, Siapa Saja?

Dia memerinci, para cagub yang mendaftar yakni mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol (Purn) Dharma Pongrekun, mantan Menteri ESDM Sudirman Said, lalu suami dari Politikus Golkar Meutya Hafid, Noer Fajrieansyah.

Sedangkan yang mendaftar pada Sabtu (11/5/2024) adalah mantan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan yang pernah berkecimpung di Partai Golkar, Pompi Hidayatullah.

Baca Juga

KPU DKI Persilakan Cagub Independen Tak Lolos Syarat Daftar Ulang lewat Jalur Parpol

Terbaru pada Minggu (12/5/2024) ada Presidium Nasional Partai Hijau Indonesia John Muhammad yang menghampiri Helpdesk KPU DKI untuk mendaftarkan aktivis hak asasi manusia dan mantan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Haris Azhar.

"3 Paslon yang sudah kami sebutkan di hari Jumat (Pongrekun, Sudirman Said, dan Noer Fajrieansyah). Kemarin sore kita menerima dari Pompida Hidayatullah yang meminta akses," ujar dia.

Baca Juga

KPU Buka Pendaftaran Petugas PPS Pilkada, Ini Syaratnya

Dody menyebutkan persyaratan dukungan diserahkan paling lambat hari ini pukul 23.59 WIB.

"Yang menginput silon itu dari Pak Dharma sudah cukup banyak sejauh ini, sudah ratusan ribu meskipun belum mencapai syarat minimal 618.968 surat dukungan beserta KTP dari DPT Jakarta," ungkapnya.

Baca Juga

KPU DKI Buka Pendaftaran Cagub Independen, Syarat Didukung 618.968 Pemilih

"Informasinya sore ini beliau (Dharma Pongrekun) akan hadir ke KPU DKI. Jadwal masih sesuai ketentuan KPU RI," kata Dody Wijaya.

Editor : Rizky Agustian


Sumber: https://www.inews.id/news/megapolitan/kpu-dki-ungkap-cagub-jakarta-jalur-independen-sudah-input-dukungan-ke-silon
Tokoh









Graph

Extracted

persons Haris Azhar, Meutya Hafid, Noer Fajrieansyah, Sudirman,
ministries BPJS, BSSN, KPU,
ngos KontraS,
parties Golkar,
events Pilkada Serentak,
products KTP, PPS,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,