Jadi Solusi Kemacetan, Underpass Pertama Rp 106 Miliar di Cimahi Ini Diresmikan Ridwan Kamil di Tanggal Cantik

  • 11 Mei 2024 05:27:48
  • Views: 7

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berhasil menjadi solusi kemacetan, jalan bawah tanah (underpass) pertama di Cimahi, Jawa Barat ini diresmikan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada tanggal yang sangat cantik.

Ridwan Kamil telah berhasil meresmikan rampungnya pembangunan Underpass Sriwijaya yang berlokasi di Kota Cimahi, Jawa Barat, Pada Selasa (22/2/2022).

Underpass sendiri merupakan sebuah infrastruktur penunjang percepatan transportasi yang dibangun dengan cara menggali tanah dan membentuk seperti terowongan yang panjang.

Fungsi underpass adalah sebagai jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan dan memangkas waktu tempuh perjalanan. Dari pengertian tersebut berarti bahwa underpass memiliki fungsi yang sama dengan infrastruktur flyover.

Peresmian Underpass Sriwijaya dilakukan oleh Ridwan Kamil saat dirinya masih aktif menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Dengan diresmikannya perampungan infrastruktur ini, Underpass Sriwijaya berhasil tercatat sebagai infrastruktur underpass pertama yang berdiri di Kota Cimahi.

Underpass ini memiliki total panjang hingga 600 meter dengan tinggi mencapai 5,2 meter serta dibangun melewati bawah lintasan rel kereta api Stasiun Cimahi.

Dengan total lebar jalan sekitar 8,6 meter, underpass yang berlokasi di depan Rumah Sakit Dustira ini tentunya digunakan oleh dua lajur kendaraan secara bersamaan.

Untuk menyelesaikan pembangunan Underpass Sriwijaya ini, biaya yang dihabiskan mencapai total Rp 106 miliar melalui skema kolaborasi anggaran (urunan) antara pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah Kota Cimahi.

Baca Juga: Ngaku Orang Desa, Ini Spirit Dedi Mulyadi Menuju Pilgub

Rp 105 miliar digelontorkan dari bantuan keuangan Pemda Provinsi Jabar untuk teknis pembangunan, dan Rp 1,1 miliar dari APBD Kota Cimahi untuk pembebasan lahan.

Saat ini fasilitas underpass pertama di Cimahi ini sudah dapat digunakan sepenuhnya oleh seluruh elemen masyarakat.

Dengan hadirnya indrastruktur ini, Ridwan kamil berharap Underpass Sriwijaya dapat menyelesaikan masalah kemacetan di perlintasan Contong yang selama ini menjadi kendala bagi aktivitas masyarakat.

“Semoga bermanfaat untuk kelancaran ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Cimahi,” ucap Ridwan Kamil saat peresmiannya.

Ia juga berharap dibangunnya underpass ini dapat menaikan pendapatan ekonomi masyarakat Kota Cimahi melalui sektor pariwisata disana

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan pejabat berwenang untuk sama-sama menjaga dengan baik infrastruktur tersebut.


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912629822/jadi-solusi-kemacetan-underpass-pertama-rp-106-miliar-di-cimahi-ini-diresmikan-ridwan-kamil-di-tanggal-cantik?page=all
Tokoh







Graph

Extracted

persons Dedi Mulyadi, Mulyadi, Ridwan Kamil,
organizations API,
places JAWA BARAT,
cities Cimahi,
cases Kemacetan,