Israel Tetap Dapat Miliaran Dolar Senjata AS Meski Disetop Biden

  • 11 Mei 2024 02:09:04
  • Views: 8

Jakarta, CNBC Indonesia - Persenjataan AS senilai miliaran dolar masih tersedia untuk Israel, meskipun ada penundaan satu pengiriman bom dan peninjauan pengiriman bom lainnya oleh pemerintahan Presiden Joe Biden.

Kabar ini disampaikan oleh seorang pejabat senior AS. Ia mengatakan pekan ini bahwa pemerintah telah meninjau pengiriman senjata yang mungkin digunakan Israel untuk invasi besar-besaran ke Rafah, dan sebagai hasilnya menghentikan pengiriman bom ke Israel.

Para asisten Kongres memperkirakan nilai pengiriman bom yang tertunda ke Israel mencapai "puluhan juta" dolar AS.

-

-

Senator Jim Risch, petinggi Partai Republik di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, kepada wartawan menyebut berbagai macam peralatan militer lainnya akan dikirim ke Israel, termasuk amunisi serangan langsung gabungan (JDAMS), yang mengubah bom biasa menjadi senjata presisi; dan peluru tank, mortir, dan kendaraan taktis lapis baja.

Risch mengatakan amunisi tersebut tidak melalui proses persetujuan secepat yang seharusnya, mengingat beberapa telah dikerjakan sejak Desember, sementara bantuan untuk Israel biasanya melalui proses peninjauan dalam beberapa minggu.

Pejabat pemerintahan Biden mengatakan mereka sedang meninjau penjualan senjata tambahan. Biden memperingatkan Israel dalam wawancara pada Rabu bahwa AS akan berhenti memasok senjata jika pasukan Israel melakukan invasi besar-besaran ke Rafah.

Secara terpisah, Perwakilan Gregory Meeks, petinggi Partai Demokrat di Komite Urusan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat, telah menunda paket transfer senjata senilai US$18 miliar untuk Israel. Ini akan mencakup lusinan pesawat Boeing F-15.

Dukungan Biden terhadap Israel dalam perangnya melawan Hamas telah menjadi beban politik bagi presiden tersebut, khususnya di kalangan pemuda Demokrat, terutama saat ia mencalonkan diri kembali pada pemilu tahun ini.

Pasalnya hal ini memicu gelombang protes yang "tidak terikat" pada pemilihan pendahuluan dan mendorong protes pro-Palestina di universitas-universitas AS.

Tak satu pun dari perjanjian senjata tersebut merupakan bagian dari paket pengeluaran yang ditandatangani Biden bulan lalu, yang mencakup sekitar US$26 miliar untuk mendukung Israel dan memberikan bantuan kemanusiaan.


[-]

-

Gaza Bisa Makin Tersudut, AS Sepakat Jual Senjata ke Israel
(fsd/fsd)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240510165113-4-537147/israel-tetap-dapat-miliaran-dolar-senjata-as-meski-disetop-biden
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joe Biden,
companies Boeing,
parties Demokrat,
products dolar AS,
nations Indonesia, Israel, Palestina,
places DKI Jakarta,