Dasco Balas Ganjar Soal Politik Transaksional di Balik 40 Kursi Menteri: Salahkah Akomodasi Kawan?

  • 10 Mei 2024 23:38:31
  • Views: 13

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad merespons balik pernyataan mantan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo soal rencana Prabowo Subianto menambah jumlah kursi menteri menjadi 40.

Ganjar Pranowo menilai isu tersebut dapat memunculkan kecurigaan publik terkait adanya politik transaksional di balik rencana penambahan kursi menteri.

Dasco merespons bahwa tidak ada salahnya memberikan tempat kepada pihak-pihak yang berjuang membantu memenangkan pasangan Prabowo-Gibran dan sekaligus berupaya membantu membangun Indonesia ke depan. Dia mengatakan bahwa pihak yang menang berhak menentukan kursi kabinet.

"Saya tanya kembali, apakah misalnya kita mengakomodasi kawan-kawan yang sudah berjuang bersama-sama untuk kemudian membangun Indonesia ke depan itu apakah salah gitu loh? Itu kan adalah hak pemenang, kita juga kemudian kalau ada yang menang dia mau mengakomodasi," kata Dasco di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2024.

Baru Sebatas Aspirasi

Dasco menilai bahwa rencana menambah jumlah kursi menteri merupakan aspirasi dan masukan kepada Prabowo Subianto. Prabowo, kata Dasco, saat ini masih fokus merancang janji program-program kampanye Pilpres 2024.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan perubahan nomenklatur untuk menambah jumlah kementerian itu sampai saat ini juga belum ada.

"Ya justru kan belum ada, makanya saya bingung, jadi ya kita anggap aja itu aspirasi, masukan gitu," ucapnya.

Beredar kabar bahwa Prabowo hendak menambah jumlah kursi menteri kabinet menjadi sebanyak 40.

Kabar itu pun dikomentari sejumlah salah satu tokoh yakni eks capres Ganjar Pranowo. Wacana penambahan jumlah menteri dinilainya dapat memunculkan kecurigaan publik soal adanya politik akomodasi antara kubu 02 dan para pendukungnya.

"Semua alasan sangat mungkin tetapi kecurigaan publik pasti mengarah ke sana, wong sudah ada undang-undangnya kok, mau apa lagi begitu," kata Ganjar di Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2024.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018066606/dasco-balas-ganjar-soal-politik-transaksional-di-balik-40-kursi-menteri-salahkah-akomodasi-kawan?page=all
Tokoh









Graph