Long Weekend, Polisi Berlakukan Sistem Ganjil Genap dan One Way Menuju Puncak Bogor Hingga 12 Mei 2024

  • 10 Mei 2024 09:45:33
  • Views: 10

AYOBOGOR.COM -- Antisipasi kemacetan di ruas jalan menuju puncak Bogor, Jawa Barat, polisi berlakukan sistem ganjil genap dan one way.

Kebijakan ganjil genap di kawasan menuju Puncak, Bogor ini bertujuan membatasi volume kendaraan dan menghindari kemacetan parah.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama mengatakan, ganjil genap dilakukan mulai Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5). Ganjil genap diberlakukan sepanjang Jalan Raya Puncak dan sebaliknya.

Baca Juga: KASIHAN Gibran, Bocah Bogor Teriak Menangis Kelaparan Minta Makan Ternyata Tidak Mendapatkan Bansos, Keluarga Tak Pernah Mengurus

Sebagai informasi, di pekan ini terdapat libur nasional di hari Kamis, 09/5/2024, dan Jum'at, 10/5/2024 merupakan cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus, dan menggabungkan dengan libur akhir pekan, sehingga ada long weekend pada pekan ini.

Satlantas Polres Bogor mengingatkan masyarakat yang ingin berlibur ke kawasan Puncak untuk memperhatikan plat nomor kendaraan.

Dalam sistem ganjil-genap Puncak-Bogor, kendaraan bermotor dengan nomor plat akhir yang ganjil (1, 3, 5, 7, 9) diizinkan untuk beroperasi pada tanggal ganjil, sementara kendaraan dengan nomor plat akhir genap (2, 4, 6, 8, 0) diizinkan pada tanggal genap.

Bagi kendaraan yang tidak mengindahkan aturan ganjil genap ini, maka akan diputar balikkan.

Baca Juga: Kabupaten Baru Bogor Barat Segera Disahkan? 14 Kecamatan Ini Termasuk, Mulai Ciampea-Leuwisadeng

Selain itu Polisi juga akan memberlakukan sistem one way atau satu arah pada kondisi situasional jika keadaan macet.

Kebijakan tersebut berlaku mulai dari Simpang Gadok hingga kawasan Puncak.

Sebagai tambahan informasi, sistem one way atau satu arah biasanya diberlakukan pada jam-jam berikut :

07:00 WIB - 12:00 WIB diutamakan arah menuju Puncak.

Baca Juga: Rekomendasi Penginapan dengan Pemandangan Lembah, Sungai dan Suasana Pedesaan Bogor, Harga Mulai Rp 500 ribuan

Sistem satu arah menuju Jakarta
12:30 WIB - 18:00 WIB, bisa lebih lama pada kondisi macet yang lebih parah.

Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat masih menjadi pilihan utama bagi waga Jabodetabek untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Selain, sedikit menepi dari panasnya cuaca ibu kota, Puncak, Bogor juga semakin banyak menyediakan wisata bernuansa alam yang memanjakan mata.

Kawasan Puncak juga dipilih karena lokasinya yang tidak jauh dari Ibu Kota. Dalam situasi normal tanpa macet, menuju kawasan Puncak cukup ditempuh selama 1 jam saja.

Banyak wisata yang disediakan di Puncak, Bogor. Mulai dari wisata berkonsep cafe, Taman Safari, Agrowisata, wisata bertema Diaryland, dan wisata alam lainnya.

Masyarakat yang ingin berlibur di Puncak menggunakan kendaraan pribadi, diharapkan mengecek kendaraan agar dalam kondisi prima, mengingat jalan menuju kawasan Puncak lebih banyak menanjak.

Demikianlah informasi lalu lintas mengenai kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Selamat menikmati libur Long weekend ya.***

 


Sumber: https://www.ayobogor.com/berita-bogor/3112629820/long-weekend-polisi-berlakukan-sistem-ganjil-genap-dan-one-way-menuju-puncak-bogor-hingga-12-mei-2024?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Gibran Rakabuming Raka,
ministries Polisi,
topics Bantuan Sosial, Sistem Ganjil-Genap,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor, Jabodetabek,
cases Kemacetan,