Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2024, Pemerintah Sampaikan Kabar Terbaru

  • 09 Mei 2024 21:24:22
  • Views: 13

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 dipastikan akan digelar. Namun soal kapan waktu pelaksanaannya, itu masih belum pasti.

Rencananya, pemerintah bakal membuka seleksi CASN untuk merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, saat konferensi pers mengenai pengadaan ASN tahun 2024, pada Jumat, 3 Mei 2024 membocorkan jadwal pelaksanannya.

Ia tidak menyebutkan kapan tepatnya. Hanya saja, Anas mengatakan pembukaan seleksi bakal dilakukan kemungkinan Juni atau Juli.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan atau formasi pegawai ASN,” ungkapnya.

Adalun persetujuan prinsip formasi sebesar 1.289.824 formasi untuk memenuhi kebutuhan ASN 2,3 Juta secara bertahap.

Di antara jumlah itu, sebanyak 427.650 formasi bakal dialokasikan pada instansi pusat, sementara 862.174 formasi akan tersedia pada instansi daerah.

Tidak sampai situ, dalam upaya menghadirkan talenta digital yang berkualitas, sejumlah formasi akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta pemerintah daerah.

Sama dengan seleksi CASN sebelumnya, salah satu langkah konkret adalah penyediaan live score hasil tes di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Peserta tes akan berada di dalam gedung, sementara hasilnya dapat diakses secara real-time oleh orang tua, keluarga, atau pihak terkait melalui live score di YouTube.

Langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk memastikan bahwa proses seleksi dilakukan secara adil dan transparan, tanpa adanya intervensi dari pihak-pihak tertentu.

Namun, MenPAN RB juga memberikan peringatan kepada masyarakat agar tidak percaya kepada pihak yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi tersebut.

(Arya/Fajar)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/05/09/jadwal-pelaksanaan-seleksi-cpns-2024-pemerintah-sampaikan-kabar-terbaru/?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Abdullah Azwar Anas, Azwar Anas,
companies YouTube,
ministries ASN, Kemenpan RB,
topics CPNS,
products PPPK,
places DKI Jakarta,