Kondisi Rumah Murah Program Jokowi di Villa Kencana Cikarang: Banyak yang Terbengkalai

  • 08 Mei 2024 21:57:07
  • Views: 5

TEMPO.CO, Bekasi - Rumah terbengkalai tanpa penghuni mendominasi kawasan perumahan Villa Kencana Cikarang, Kabupaten Bekasi. Perumahan itu diketahui merupakan program rumah murah besutan Presiden Joko Widodo yang diresmikan pada 2017 lalu.

Pantauan Tempo.co di lokasi, pada Rabu, 8 Mei 2024, akses untuk menuju Villa Kencana Cikarang bisa melalui Jalan Pilar Sukatani, Kabupaten Bekasi. Sebelum memasuki area perumahan, pedagang kaki lima berderet di sepanjang sisi jalan. Toko dan warung makan juga berdiri di sana.

Meski begitu, kondisi berbeda terlihat setelah memasuki area perumahan Villa Kencana Cikarang. Mayoritas rumah tidak berpenghuni. Rumah-rumah yang kosong itu nampak terbengkalai tidak terawat. 

Rumput liar menjalar di segala sisi rumah. Tembok-temboknya ada yang sudah dalam kondisi retak. Sebagian rumah bahkan sudah tidak ada pintu dan jendelanya.

Dalam satu baris, diperkirakan ada sekitar 15 rumah. Namun, yang sudah dihuni rata-rata hanya berkisar kurang dari 10 rumah.

Ketua RT. 04 setempat, Indah, mengatakan hampir seluruh unit rumah di Villa Kencana Cikarang sudah habis terjual. Namun, mayoritas pemilknya belum menghuni rumah tersebut.

Dia menyebut sebagian besar alasan pemilik rumah belum menempati hunian itu karena jarak kerja mereka yang jauh dari Villa Kencana Cikarang. “Sudah sold out semua di sini. Cuma kendalanya orang mau huni di sini jauh dari tempat kerja,” kata Indah saat ditemui di kediamannya, Rabu, 8 Mei 2024.

Kondisi perumahan yang diresmikan Presiden Jokowi di Bekasi. Tempo/Adi Warsono

Indah mengatakan pemilik rumah Villa Kencana Cikarang tidak hanya  berasal dari Bekasi saja. Bahkan, penduduknya ada yang dari luar Jabodetabek.

Iklan

“(Warga Villa Kencana Cikarang) campuran, sih, gak di Bekasi doang. Bahkan dari luar Jakarta ada juga, cuman mereka memang usaha di sini jadi ambil rumah di sini,” kata dia.

Sementara soal fasilitas, menurut Indah, lokasi Villa Kencana Cikarang sudah strategis. Letaknya berdekatan dengan tempat-tempat publik seperti rumah sakit, sekolah, pasar dan toko perbelanjaan.

Hanya saja, jika ingin menaiki kereta api, stasiun terdekat ialah Stasiun Cikarang. Aksesnya bisa menggunakan angkutan kota dengan waktu jarak tempuh sekira 20 menit. “Warga belakang aja kalau berangkat kerja subuh, karena kereta pertama kan,” tuturnya.

Meski banyak rumah yang kosong dan terbengkalai, Indah mengatakan hingga saat ini masih banyak warga yang berminat tinggal di Villa Kencana Cikarang. “Sebenarnya banyak yang minat rumah di sini, karena ada semua di sini makanan, permainan anak ada semua di sini,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan rumah pekerja Villa Kencana Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 4 Mei 2017. Selain meresmikan, Jokowi turut menyaksikan penandatanganan 300 akad kredit konsumen.Peresmian perumahan bersubsidi tersebut merupakan salah satu realisasi Program Satu Juta Rumah (PSR) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi.

“Saya senang sekali pembangunan rumah sederhana untuk pekerja dan MBR seperti di Cikarang ini dapat dilaksanakan. Tipe rumahnya 25/60, harganya Rp 112 sampai 141 juta," kata Jokowi dalam siaran persnya, Kamis.

Skema pembiayaan rumah bersubsidi tersebut merupakan komitmen pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, bagi MBR mendapatkan rumah layak huni. Bantuan tersebut diberikan melalui subsidi KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, Subsidi Selisih Bunga/Subsidi Selisih Margin, dan Subsidi Bantuan Uang Muka.

Pilihan Editor: 4 Pejabat Kementan Mengaku Terpaksa Penuhi Permintaan Syahrul Yasin Limpo karena Takut Dipecat


Sumber: https://metro.tempo.co/read/1865614/kondisi-rumah-murah-program-jokowi-di-villa-kencana-cikarang-banyak-yang-terbengkalai
Tokoh





Graph

Extracted

persons Joko Widodo, Syahrul Yasin Limpo,
ministries Kementan,
organizations API,
topics Kredit Pemilikan Rumah (KPR),
products KPR, PKL,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi, Cikarang, Jabodetabek,