NasDem soal Anies Urutan 2 di Survei Pilgub DKI: Lucu, Masih Bias Pilpres

  • 08 Mei 2024 12:08:20
  • Views: 6

Jakarta -

Nama mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, urutan kedua dalam simulasi 15 nama hasil survei lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) Pilgub Jakarta 2024. Menurut Partai NasDem, hasil survei itu lucu karena masih ada bias Pilpres 2024 Anies sebagai capres.

"Itu saja sudah salah, nomor 2 kan lucu itu. Gimana ini? Itu common sense aja lah. Gini, masih ada bias pilpres. Kita harus melihat itu, kalau mau lihat itu, agak tidak ada bias, ya kita lihat nanti, bulan Juni atau bulan Agustus, baru agak, bulan Juni lah," kata Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, kepada wartawan, Rabu (8/5/2024).

Selain itu, menurut Willy kontestasi dan dinamika Pilgub Jakarta berbeda dengan wilayah lainnya. Pilgub Jakarta, kata Willy, justru yang tak dijagokan yang memenangkan pertarungan.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang kedua, tentu Jakarta ini punya keunikan tersendiri, kalau melihat dari dua pilkada sebelumnya. Bukan yang paling tinggi, justru yang memenangkan kontestasinya," ujar Willy.

"Dinamika politik Jakarta itu suatu hal yang sangat tinggi ya dinamikanya, dan dia selalu mengantitesa politik nasional, itu yang harus kita lihat," tambahnya.

Peluang Anies maju Pilgub Jakarta, menurut Willy juga masih terbuka. Bagi Willy, nama Anies akan mencuat ke papan atas Pilgub Jakarta mungkin beberapa bulan ke depan.

"Ya kalau itu masih terbuka (peluang Anies maju), kenapa? Orang memahami Anies posisi sekarang sebagai capres, bukan sebagai cagub, posisinya menjadi seperti itu. Jadi kesadaran publik, awareness public, Anies itu masih sebagai capres. Dia akan mengerucut nanti ketika sudah jelas jantan atau betinanya, kalau pepatah itu. Ketika dia sudah declare," ucap Willy.

Willy bercerita bahwa pembahasan nama Anies untuk Pilgub Jakarta sangat serius di internal NasDem. Namun, belum ada jawaban pasti Anies kepada Ketum Partai NasDem, Surya Paloh.

"Masih dinamis, di NasDem itu tentu jadi pembicaraan yang sangat serius. Karena pembicaraan terakhir Pak Anies dengan Pak Surya ya kalau Pak Anies mau maju silakan, NasDem tentu akan support ya. Tapi silakan juga bicara dengan partai-partai lain," imbuhnya.

Lembaga ASI sebelumnya mengungkapkan temuan jelang Pilgub Jakarta 2024. Dalam simulasi 15 nama, eks gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungguli mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7330509/nasdem-soal-anies-urutan-2-di-survei-pilgub-dki-lucu-masih-bias-pilpres
Tokoh









Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Surya Paloh, Willy Aditya,
institutions Arus Survei Indonesia,
parties Nasdem,
topics Pilpres 2024,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,