Beda dengan Panglima, Polri Ogah Pakai Istilah OPM untuk Sebut Separatis di Papua

  • 08 Mei 2024 11:35:18
  • Views: 3

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — Polri menolak menggunakan istilah Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam penyebutan kelompok separatisme bersenjata di Bumi Cenderawasih. Kepolisian tetap menggunakan istilah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam penyebutan organisasi bersenjata Papua Merdeka tersebut. Operasi Damai Cartenz, pun meminta agar media tak menggunakan istilah OPM dalam penyebutan KKB.

“Terkait nomenklatur KKB dan OPM, kami dari Polri sampai saat ini tetap menggunakan nomenklatur KKB. Bukan OPM,” kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

 

AKBP Bayu menerangkan mengapa Polri, yang merupakan pemimpin dalam Operasi Damai Cartenz tetap menggunakan istilah KKB dalam penyebutan OPM versi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ia mengataka, Satgas Operasi Damai Cartenz yang merupakan satuan tugas khusus bentukan Mabes Polri khusus di Papua, mengambil pendekatan penegakan hukum dalam penumpasan kelompok bersenjata Papua Merdeka.

 

“Bukan operasi militer sebagaimana yang dilakukan oleh rekan-rekan TNI,” begitu ujar AKBP Bayu.

 

Pun sampai saat ini, kata AKBP Bayu, otoritas tertinggi di Mabes Polri, yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo belum memutuskan untuk mengikuti langkah TNI dalam pengubahan istilah KKB menjadi OPM. “Sampai dengan hari ini, belum ada keputusan dari Kapolri untuk merubah nomenklatur KKB menjadi OPM,” kata AKBP Bayu.


Sumber: https://news.republika.co.id/berita/sd5fic377/beda-dengan-panglima-polri-ogah-pakai-istilah-opm-untuk-sebut-separatis-di-papua
Tokoh





Graph

Extracted

persons Listyo Sigit Prabowo, Prabowo,
ministries Mabes Polri, Polisi, TNI,
products KKB,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, PAPUA,
cities Jayapura,