Gempa M 5,2 Getarkan Lombok Barat NTB, Terasa hingga Bali

  • 08 Mei 2024 05:42:43
  • Views: 9

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan magnituo 5,2 menggetarkan wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini, Rabu (8/5/2024). Gempa Lombok Barat terjadi pada pukul 05:09:55 WIB.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 97 km Barat Daya Kabupaten Lombok Barat atau pada koordinat 9.51 Lintang Selatan (LS) dan 115.84 Bujur Timur (BT).

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 78 km itu tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat tetap diimbau mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.

"Arahan: Tidak berpotensi TSUNAMI. Saran BMKG: Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," bunyi peringatan dikutip dari laman resmi BMKG.

BMKG juga melaporkan, gempa tersebut dapat dirasakan di sejumlah wiayah dengan tingkat yang berbeda. Gempa terasa di sejumlah wilayah Provinsi Bali dengan skala III MMI, seperti Badung, Denpasar, Gianyar, dan Tabanan. Sementara di Karangasem terasa dengan skala II MMI.

Sedangkan di Provinsi NTB, gempa terasa dengan skala III MMI di wilayah Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Mataram, dan Sumbawa Barat. 

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak dari gempa magnitudo 5,2 yang berpusat di Lombok Barat, NTB tersebut.

Tentang Skala MMI

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Skala MMI terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa.

Oleh karena itu skala MMI sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain.

Adapun skala II MMI adalah getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Sementara skala III MMI adalah getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. 


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5590983/gempa-m-52-getarkan-lombok-barat-ntb-terasa-hingga-bali
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG,
topics Gempa, Tsunami,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA BARAT,
cities Badung, Denpasar, Karangasem, Lombok,