Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Melanda Sejumlah Kota Besar Dipicu Bibit Siklon 91W, Waspadai Banjir Rob

  • 08 Mei 2024 09:12:42
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan berintensitas ringan hingga lebat dan disertai petir akan melanda sejumlah kota besar di Indonesia pada Rabu, 8 Mei 2023.

BMKG dikutip Antara menyebutkan hujan ringan akan membasahi Pontianak, Samarinda, Pangkal Pinang, dan Kota Jayapura pada Rabu pagi. Pada siang hari, hujan ringan berpeluang turun di Serang, Gorontalo, Palangkaraya, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, dan Palembang.

Di wilayah lain, hujan berintensitas sedang akan mengguyur Kendari dan Medan, sedangkan Samarinda dan Bandar Lampung diperkirakan akan dilanda hujan lebat disertai petir. Pada malam hari, hujan ringan berpotensi turun di Gorontalo, Bandung, Samarinda, Ambon, Ternate, dan Kendari.

Manokwari dan Medan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, sedangkan Tarakan akan Adapun dilanda hujan lebat disertai petir.

Pada Kamis dini hari, hujan ringan masih akan mengguyur beberapa kota besar seperti Gorontalo, Bandar Lampung, Manokwari, Mamuju, dan Kendari, sedangkan hujan sedang akan melanda Ternate.

BMKG memantau adanya bibit siklon tropis 91W yang berada di Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di sekitar Laut Arafuru Serta yang menginduksi adanya peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot memanjang dari Laut Arafuru hingga laut Aru.

Iklan

Selain itu terdapat juga sirkulasi siklonik terpantau berada di perairan utara Kalimantan Barat dan juga di Samudra Hindia barat Aceh. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di pesisir utara Kalimantan Barat kemudian di Aceh di Sumatera Utara yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di pesisir barat Sumatera Utara hingga Sumatera Barat dan di Laut Cina Selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur laut hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km per jam sementara untuk suhu udara di kota-kota besar wilayah Indonesia diprediksi berkisar 21-35 derajat Celsius dengan kelembaban berkisar 40-100 persen.

Prakiraan tinggi gelombang laut wilayah Indonesia umumnya cukup kondusif berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter, namun perlu diwaspadai adanya potensi banjir rob di sekitar wilayah pesisir Belawan kemudian di wilayah barat dan selatan Banten, di wilayah pesisir Surabaya, pesisir Balikpapan, dan juga wilayah pesisir Merauke.

Pilihan Editor: Dosen FKUI Raih Penghargaan Best Paper pada Kongres Obstetri dan Ginekologi di Jepang


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1865296/prakiraan-cuaca-bmkg-hujan-melanda-sejumlah-kota-besar-dipicu-bibit-siklon-91w-waspadai-banjir-rob
Tokoh



Graph