Kunjungan Wisatawan Periode Maret Tembus 1 Juta Orang, Mayoritas Asal Malaysia

  • 08 Mei 2024 09:14:17
  • Views: 3

AYOBANDUNG.COM -- Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia sepanjang periode Maret 2024 mencapai 1,04 juta orang. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya, yang disebabkan bulan Ramadhan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, jumlah kunjungan wisman sebanyak 1,04 juta orang, turun sebesar 1,91 persen dibandingkan Februari 2024.

"Namun jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun lalu jumlahnya naik 19,86 persen," kata Menparekraf Sandiaga.

Diprediksi, penurunan ini karena pada Maret bertepatan dengan Ramadhan. Di mana banyak wisman asal Malaysia tidak melakukan perjalanan. Sementara wisman Malaysia adalah wisatawan terbesar yang mengunjungi Indonesia.

Diakui Sandiaga, jumlah wisman Malaysia mendominasi kunjungan ke Indonesia sebesar 15,38 persen. Disusul Australia sebesar 11,92 persen, dan Singapura 11,52 persen.

Lebih lanjut dia menjelaskan, secara kumulatif jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang Januari hingga Maret 2024 meningkat sebesar 25,43 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (YoY).

Peningkatan kunjungan ini utamanya tercatat pada pintu Bandara Ngurah Rai, Bali, sebesar 31,49 persen dan Soekarno Hatta-Banten sebesar 33,03 persen.

Baca Juga: Pensiunan PNS Terima Double Bonus dari Pemerintah, Akan Diberikan pada...

Sementara untuk okupansi atau tingkat penghunian kamar di hotel berbintang pada Maret 2024 mencapai 43,41 persen. Untuk rata-rata lama tamu menginap selama 1,7 malam.

"Angka-angka ini kita terima dengan penuh rasa syukur dan diharapkan mampu memberikan dampak terhadap pengembangan sektor pariwisata juga ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga. ***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912607530/kunjungan-wisatawan-periode-maret-tembus-1-juta-orang-mayoritas-asal-malaysia?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Sandiaga Uno, Soekarno,
ministries kemenparekraf,
events Ramadhan,
fasums Bandara Ngurah Rai,
nations Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura,
places BANTEN,