Indef Minta Pemerintah Antisipasi Penurunan Konsumsi pada Triwulan II

  • 07 Mei 2024 20:52:51
  • Views: 8

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah diminta untuk mengantisipasi potensi menurunnya kinerja konsumsi rumah tangga terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan II 2024.

“Karena sudah tidak ada Ramadan dan Lebaran, kemungkinan ada penurunan konsumsi masyarakat pada triwulan II dan itu perlu diantisipasi,” kata Peneliti Center of Macroeconomics and Finance Indef Riza Annisa Pujarama dalam Diskusi Publik “Catatan Kritis Ekonomi Indonesia: Tanggapan terhadap Kinerja Ekonomi Triwulan I 2024” yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa, 7 Mei 2024.

Terlebih, dampak perubahan iklim terhadap produksi pangan masih terasa, yang tercermin pada kinerja sektor lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan yang terkontraksi sebesar 3,54 persen.

Di samping itu, akan terjadi masuknya tahun ajaran baru pada sektor pendidikan, yang kemungkinan turut memengaruhi pertimbangan masyarakat dalam mengeluarkan konsumsi.

“Setelah Idul Fitri masyarakat  akan dihadapkan pada anak yang akan memasuki tahun ajaran baru. Kemudian, juga ada Hari Raya Idul Adha. Saya rasa akan terjadi penahanan konsumsi sebagai bentuk persiapan pendidikan dan Idul Adha,” tutur Riza.

Tekanan terhadap kinerja konsumsi rumah tangga tidak hanya dari sisi internal. Perekonomian global tengah menghadapi banyak gejolak, seperti masih tingginya suku bunga The Fed serta konflik geopolitik yang masih tereskalasi.

Selanjutnya: Untuk itu, Riza berharap pemerintah dapat menyiapkan langkah proaktif....


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1865155/indef-minta-pemerintah-antisipasi-penurunan-konsumsi-pada-triwulan-ii
Tokoh

Graph

Extracted

ngos INDEF,
topics Produk Domestik Bruto,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,