Ganjar Deklarasikan Jadi Oposisi - Koran-Jakarta.com

  • 08 Mei 2024 02:46:45
  • Views: 7

JAKARTA - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo mendeklarasikan diri sebagai oposisi di Kabinet Prabowo-Gibran guna menegakkan mekanisme pemeriksaan dan keseimbangan terhadap kebijakan pemerintah.

"Saya deklarasi, pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini," ujar Ganjar dalam acara Halalbihalal TPN Ganjar-Mahfud di Rumah Pemenangan, Jalan Teuku Umar Nomor 9, Jakarta, Senin (6/5).

Ganjar melanjutkan, "Tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini dan kami akan melakukan kontrol dengan cara yang benar."

Meski begitu, dia tetap menghormati pemerintahan yang baru. Ganjar pun menegaskan dirinya tak akan pernah berhenti untuk mencintai bangsa ini.

Selain itu, langkah yang dia tempuh ini untuk menunjukkan moralitas politik sebab cara berpolitik bangsa Indonesia harus naik kelas dan terhormat.

Ia juga menilai tak perlu ada cibir-mencibir di antara sesama anak bangsa karena jalur yang paling pas untuk menyuarakan kritikan adalah lewat parlemen. "Itulah cara yang paling bagus kami bisa melakukan, tindakan-tindakan yang pas untuk melakukan suatu kontrol," kata Ganjar.

Baca Juga :

Jadi Oposisi, Ganjar: Kami akan Lakukan Kontrol dengan Cara yang Benar

Gerakan Politik

Sementara itu, Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. menyatakan bahwa dirinya akan terus berjuang di banyak jalan. Mahfud menuturkan bahwa jalan itu bisa saja melalui partai politik dan gerakan politik.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Polhukam itu mencontohkan bahwa capresnya juga memiliki gerakan politik di luar partai.

Menurut dia, gerakan politik itu bukan hanya partai, melainkan organisasi masyarakat hingga pers yang memiliki agenda untuk mengarahkan kebijakan negara. "Saya itu sedang berkonsolidasi untuk kembali civil society yang pernah berjaya dalam satu barisan untuk membangun demokrasi," jelas Mahfud.

Mahfud pun akan kembali mengajar di kampus untuk meluruskan cara-cara berhukum di Indonesia. Pasalnya, kini para elite mempraktikkan hukum tanpa etika.

Ia mencontohkan undang-undang kini dibentuk selera elite yang punya kepentingan jangka pendek dan kelompok kecil. Oleh sebab itu, praktik hukum harus diluruskan. "Saya akan mengawal di bidang hukum, pengadilan tentu saja karena berhukum itu ada di pembuatan hukum, kerja sehari-hari pemerintahan, dan ada di pengadilan. Nah, sekarang ini yang harus kita tata semua agar negara ini selamat," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut perlu upaya-upaya lebih keras untuk mewujudkan Presidential Club seperti yang diusulkan Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto.

"Tentang Presidential Club, saya kira itu ide bagus saja hanya memang untuk mewujudkannya itu saya kira perlu ada upaya-upaya lebih besar lagi, lebih keras lagi," kata Wapres memberikan keterangan pers usai menghadiri halal bihalal Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Selasa (7/5).

Namun, Wapres tidak menjelaskan lebih lanjut upaya-upaya keras apa yang mesti dilakukan untuk mewujudkan Presidential Club tersebut.

Baca Juga :

Mendambakan Keseimbangan Kekuasaan, Masih Bisakah Berharap pada Oposisi?

Ia mengatakan jika nantinya terwujud, Presidential Club tidak harus dalam bentuk formal, namun bisa dalam bentuk konsultasi-konsultasi.

"Menurut saya tidak harus dalam bentuk formal, Presidential Club itu tetapi dalam bentuk mungkin konsultasi-konsultasi. Kalau bisa diformalkan bagus tetapi kalau tidak, kan bisa dalam bentuk konsultasi antar presiden dengan mantan presiden secara personal secara informal," ujar Wapres.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak mengungkapkan rencana Prabowo untuk membentuk Presidential Club yang diisi para mantan presiden RI yang masih hidup sampai saat ini.


Redaktur : Sriyono

Penulis : Antara


Sumber: https://koran-jakarta.com/ganjar-deklarasikan-jadi-oposisi?page=all
Tokoh











Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka, Ma'ruf Amin, Mahfud MD, Prabowo,
ministries MA,
institutions MUI,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,