Bupati Banyuwangi Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi, Tapi Pesannya Tegas

  • 07 Mei 2024 17:55:21
  • Views: 4

Jakarta (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan itu diserahkan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional 2024.

PPD adalah raihan atas segenap perencanaan, pelaksanaan, dan dampak yang dihasilkan dari berbagai program pembangunan. Kondisi itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk menggunakan anggaran berdasarkan prioritas program yang berdampak langsung pada masyarakat.

“Mengelola fiskal dan anggaran betul-betul harus hati-hati. Jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang kita buat. Perhatikan betul-betul skala prioritas,” pesan Jokowi.

Tidak hanya Bupati Ipuk, tapi Banyuwangi juga meraih PPD terbaik tingkat Jawa Timur. Usai meraih penghargaan itu, Bupati Ipuk menyebut hal tersebut sebagai pelecut semangat bagi daerah untuk menghasilkan program yang memiliki dampak luas.

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kita tidak bisa lagi hanya sekadar membuat kegiatan yang penting berjalan. Perlu dilakukan berbagai inovasi untuk menghasilkan program yang dampaknya bisa dirasakan langsung masyarakat,” terangnya.

Ipuk menambahkan, untuk menghadapi tantangan daerah, Pemkab Banyuwangi menjalankan payung program besar yang disebut sebagai Banyuwangi Rebound.

“Di dalamnya terdapat program yang berfokus pada penguatan sektor ekonomi, yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan dan pengangguran sebagai tujuan utama; ditopang oleh sektor infrastruktur, pertanian, pariwisata, dan UMKM sebagai penggeraknya,” katanya.

Selain itu, ada program sektor kesehatan dan pendidikan yang fokus pada peningkatan akses (pemerataan) dan kualitas layanan, yang ditopang dengan pemenuhan SDM guru dan tenaga kesehatan secara berkelanjutan. (rin)

Ket : Presiden Joko Widodo usai menyerahkan penghargaan kepada kepala daerah di sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional 2024, salah satunya kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. [rin/aje]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/bupati-banyuwangi-dapat-penghargaan-dari-presiden-jokowi-tapi-pesannya-tegas/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ipuk Fiestiandani, Joko Widodo,
companies Google,
products UMKM,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Banyuwangi,
cases pengangguran,