Penggunaan AI Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Hadapi Bencana

  • 07 Mei 2024 12:39:51
  • Views: 4

Ilustrasi simulasi bencana(Antara)

Pada Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh pada 26 April 2024 lalu, masyarakat berkesempatan menggunakan perangkat kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) yang terkait dengan kesiapsiagaan bencana, yaitu BencanaBot. Setidaknya, ada Lebih dari 75 organisasi di seluruh Indonesia yang memanfaatkan kesempatan tersebut.

“Bot adalah chatbot online, yang kini telah terintegrasi dengan WhatsApp, Telegram, Twitter, dan Facebook. Itu dapat menjangkau penduduk di daerah terdampak bencana dan membantu mereka mengirimkan laporan bencana secara real-time,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melalui keterangan resmi, Selasa (7/5).

PetaBencana.id menerima lebih dari 8.010 laporan simulasi per 26 April 2023 ketika berbagai organisasi berlomba-lomba untuk melatih jutaan anggota masyarakat tentang berbagi informasi bencana alam secara real-time.

Baca juga : 733 Bencana Melanda Indonesia Hingga Awal Mei 2024

Laporan-laporan ini dipetakan pada platform sumber terbuka dan gratis, PetaBencana.id, dan digunakan untuk membantu lembaga pemerintah dan penanggap pertama dalam melakukan respons dan pemulihan. Selanjutnya BencanaBot membantu mereka untuk mensimulasikan penyebaran informasi bencana sehingga berkontribusi pada peningkatan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana dalam skala besar.

Direktur Yayasan Peta Bencana Nashin Mahtani menyampaikan, skala bencana yang kita hadapi saat ini tidak dapat diatasi oleh satu institusi saja. Menurutnya, sangat penting untuk memungkinkan setiap penduduk untuk dapat berpartisipasi dalam upaya pengurangan risiko bencana dan pemulihan.

Sementara itu, BNPB melalui Direktorat Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana menekankan, acara ini sangat bermanfaat bagi komunitas kampus, terutama dalam memperluas upaya manajemen bencana secara lebih luas. PetaBencana.id menyediakan data berharga, penting untuk memvalidasi studi dan penilaian historis, yang esensial untuk evaluasi risiko bencana yang komprehensif.

Baca juga : Kurikulum Merdeka Belajar akan Wadahi Pemanfaatan AI

BNPB dan Yayasan Peta Bencana berharap partisipasi masyarakat semakin besar untuk kesiapsiagaan, khususnya melalui fitur informasi pada dasbor Petabencana.id yang nantinya dapat diakses oleh publik.

Universitas Indonesia (UI) juga menyambut baik pelibatan berbagai organisasi dan masyarakat. Dosen Geografi UI Nurul Sri Rahatiningtyas mengatakan, kegiatan ini dapat memupuk pemahaman tentang perkembangan teknologi dan pengetahuan kebencanaan.

Hal tersebut sejalan dengan tema yang diangkat BNPB pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2024 mengenai pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana. (Z-11


Sumber: https://mediaindonesia.com/humaniora/669429/penggunaan-ai-tingkatkan-kesiapsiagaan-masyarakat-hadapi-bencana
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Muhari,
companies Facebook, Telegram, Twitter, WhatsApp,
ministries BNPB,
institutions Universitas Indonesia,
nations Indonesia,
musicclubs APRIL,