Sudah Direstui? 17 Daerah Ini akan Dimekarkan Jadi Kabupaten Kota Baru, Indonesia Bakal Punya 531

  • 07 Mei 2024 06:38:27
  • Views: 1

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Jumlah kabupaten kota di Indonesia terus bertambah karena adanya pemekaran, saat ini totalnya ada 514 kabupaten kota.

Jumlah ini akan mengalami penambahan lagi jika pemerintah merestui pemekaran kabupaten kota baru di Indonesia ini.

Ada 17 daerah yang diusulkan segera dimekarkan, sehingga nanti jumlah kabupaten kota di Indonesia akan menjadi 531 jika daerah ini disetujui mekar.

Berikut ini nama-nama 17 daerah yang kabarnya siap dimekarkan sehingga nanti akan jadi kabupaten kota baru di Indonesia.

1. Kabupaten Bonerate

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Selayar jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Bonerate, Kecamatan Pasimasunggu, Kecamatan Pasimasunggu Timur, Kecamatan Pasimaranu dan Kecamatan Pasilambena.

Baca Juga: 15 Daerah Ini Bakal Segera Mekar dan Jadi Kabupaten Kota Baru, Berikut Nama-namanya, Daerahmu Termasuk?

2. Kabupaten Balanipa

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Polewali Mandar jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Luyo, Kecamatan Limboro, Kecamatan Campalagian, Kecamatan Tinambung dan Kecamatan Balanipa.

3. Kota Mamuju

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Mamuju jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kota baru ini adalah Kecamatan Kepulauan Balbalakan, Kecamatan saboro dan kepulauan, Kecamatan Mamuju, Kecamatan Tapalang dan Kecamatan Tapalang Barat.

4. Kabupaten Pitu Ulunu

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Mamasa jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Pitu Ulunu terdiri dari Kecamatan Tabulahan, Kecamatan Bunangka, Kecamatan Ar, Kecamatan Bambang, Kecamatan Mambi, Kecamatan Rante buahan Timur dan Kecamatan Mahala Analon.

5. Kabupaten Konawe Timur

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Konawe Selatan jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah terdiri dari Kecamatan Moila, Kecamatan Landono, Kecamatan Ranometo.

Termasuk Kecamatan Ranometo Barat, Kecamatan Konda, Kecamatan Wolasi, Kecamatan Moramo, Kecamatan Moramo Utara, Kecamatan Laonti, Kecamatan Kolono, Kecamatan Kolono Timur dan Kecamatan Sabulakoa.

Baca Juga: Sumatera Siap Dimekarkan! Ini Nama 8 Calon Provinsi yang Akan Jadi Daerah Otonom Baru di Indonesia

6. Kota Raha

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Muna jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kota baru ini adalah Kecamatan Napabalano, Kecamatan Watopute, Kecamatan Batalaiwaru, Kecamatan Katobu, Kecamatan Kontunaga, Kecamatan Duruka dan Kecamatan Lohia.

7. Kabupaten Muna Timur

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Muna jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Maligano, Kecamatan Batukara, Kecamatan Wakorumba Selatan, Kecamatan Pasir Putih Dan kecamatan Pasikolaga.

8. Kabupaten Kolaka Selatan

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Kolaka jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Pomalaa, Kecamatan Tanggetada, Kecamatan Polinggona, Kecamatan Watubangga dan Kecamatan Toari.

9. Kota Rantepao

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Toraja Utara jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kota baru ini adalah Kecamatan Sopai, Kecamatan Rantepao, Kecamatan Kesu, Kecamatan Talunglipu dan Kecamatan tondon.

10. Kabupaten Bolohuto

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Gorontalo jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Asparaga, Kecamatan Tolangohula, Kecamatan Mootilango, Kecamatan Boliohuto dan Kecamatan Bilato.

Baca Juga: Ramai-ramai Ingin Mekar, Ada 20 Calon Kabupaten Kota Baru di Pulau Sumatera yang Siap Berdiri

11. Kabupaten Bone Selatan

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Bone jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Ponre, Kecamatan Libureng, Kecamatan Bontocani, Kecamatan Kahu, Kecamatan Patimpeng, Kecamatan Salomeko dan Kecamatan Kajuaral.

12. Kabupaten Minahasa Tengah

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Minahasa jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Sonder, Kecamatan Kawangkoan Utara, Kecamatan Kawangkoan, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kecamatan Tompaso dan Kecamatan Tompaso barat.

13. Kabupaten Konservasi Tampolore

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Poso jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Lore Utara, Kecamatan Lore Timur, Kecamatan Lore peore, Kecamatan Lore Tengah, Kecamatan Lore barat dan Kecamatan Lore Selatan.

14. Kabupaten Bone pesisir

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Bone Bolango jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Kabila Bone, Kecamata Bone pantai, Kecamatan bulawa, Kecamatan Bone raya dan Kecamatan Bone.

Baca Juga: Terbaru! Ada 13 Daerah yang Dikabarkan Sudah Siap Dimekarkan Jadi Kabupaten Kota Baru di Indonesia

15. Kabupaten Tomini Raya

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Parigimotong jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Mepanga, Kecamatan Tomini, Kecamatan Palasa, Kecamatan Tinombo, Kecamatan Sidoan dan Kecamatan Tinombo Selatan.

16. Kota Tahuna

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Sangihe jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan kendahe, Kecamatan Tahuna Barat, Kecamatan Tahuna dan Kecamatan Tahuna Timu

17. Kabupaten Tanah Duri

Wilayah ini nanti akan dimekarkan dari Kabupaten Enrekang jika usulannya disetujui pemerintah.

Apabila disahkan maka kecamatan yang akan tergabung dengan kabupaten baru ini adalah Kecamatan Masale, Kecamatan Baroko, Kecamatan, Kecamatan Curio, Kecamatan Malua, Kecamatan Baraka dan Kecamatan Buntu Batu.

Itulah informasi 17 daerah yang diusulkan jadi kabupaten kota baru di Indonesia seperti dikutip Ayobandung.com dari YouTube Atlantis People, Senin 6 Mei 2024. ***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912599190/sudah-direstui-17-daerah-ini-akan-dimekarkan-jadi-kabupaten-kota-baru-indonesia-bakal-punya-531?page=all
Tokoh

Graph