Inilah 19 Calon Kabupaten Kota Baru di Indonesia, Sudah Diusulkan untuk Dimekarkan Tinggal Disetujui

  • 07 Mei 2024 05:36:42
  • Views: 3

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Banyak sekali daerah yang diusulkan untuk dimekarkan, setidaknya ada 19 calon kabupaten kota baru yang kabarnya sudah diusulkan.

Dari 19 daerah ini kabarnya telah mengajukan untuk segera dimekarkan dari wilayah mereka masing-masing dan menjadi kabupaten kota baru.

Usulan pemekaran kabupaten kota baru bagi beberapa daerah di Indonesia dinilai sangat penting sekali dilakukan.

Cakupan wilayah yang terlalu luas dan jumlah penduduk yang terlalu banyak menjadi salahsatu alasan mengapa beberap daerah di Indonesia mengusulkan untuk mekar dan membentuk kabupaten kota baru.

Simak berikut ini nama-nama daerah yang kabarnya sudah diusulkan untuk dimekarkan dan tinggal menunggu persetujuan untuk jadi kabupaten kota baru.

Baca Juga: Sudah Direstui? 17 Daerah Ini akan Dimekarkan Jadi Kabupaten Kota Baru, Indonesia Bakal Punya 531

1. Kabupaten Pakue

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Kolaka Utara jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Tolala, Kecamatan Porehu, Kecamatan Batu Putih, Kecamatan Pakue Utara, Kecamatan Pakue Tengah dan Kecamatan Pakue.

2. Kabupaten Bonerate

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Selayar jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Bonerate, Kecamatan Pasimasunggu, Kecamatan Pasimasunggu Timur, Kecamatan Pasimaranu dan Kecamatan Pasilambena.

3. Kota Mamuju

Nama calon kota baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Mamuju jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kota ini jika mekar adalah Kecamatan Kepulauan Balbalakan, Kecamatan Saboro dan kepulauan, Kecamatan Mamuju, Kecamatan Tapalang dan Kecamatan Tapalang Barat.

4. Kabupaten Pitu Ulunu

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Mamasa jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Pitu Ulunu terdiri dari Kecamatan Tabulahan, Kecamatan Bunangka, Kecamatan Ar, Kecamatan Bambang, Kecamatan Mambi, Kecamatan Rante buahan Timur dan kecamatan Mahala analon.

5. Kabupaten Balanipa

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Polewali Mandar jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Luyo, Kecamatan Limboro, Kecamatan Campalagian, Kecamatan Tinambung dan Kecamatan Balanipa.

Baca Juga: 15 Daerah Ini Bakal Segera Mekar dan Jadi Kabupaten Kota Baru, Berikut Nama-namanya, Daerahmu Termasuk?

6. Kabupaten Motong

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Parigimotong jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Ongkaalino, kecamatan Bolano, Kecamatan Bolano Lambuno, Kecamatan Taopa dan Kecamatan Motong.

7. Kabupaten Konawe Timur

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Konawe Selatan jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Moila, Kecamatan Landono, Kecamatan Ranometo.

Termasuk Kecamatan Ranometo Barat, Kecamatan Konda, Kecamatan Wolasi, Kecamatan Moramo, Kecamatan Moramo Utara, Kecamatan Laonti, Kecamatan Kolono, Kecamatan Kolono Timur dan Kecamatan Sabulakoa.

8. Kota Luwuk

Nama calon kota baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Banggai jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kota ini jika mekar adalah Kecamatan Kintom, Kecamatan Nambo, Kecamatan Luwuk Selatan, Kecamatan Luwuk, Kecamatan Luwuk Utara dan Kecamatan Timur.

9. Kota Raha

Nama calon kota baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Muna jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kota ini jika mekar adalah Kecamatan Napabalano, Kecamatan Watopute, Kecamatan Batalaiwaru, Kecamatan Katobu, Kecamatan Kontunaga, Kecamatan Duruka dan Kecamatan Lohia.

Baca Juga: Sumatera Siap Dimekarkan! Ini Nama 8 Calon Provinsi yang Akan Jadi Daerah Otonom Baru di Indonesia

10. Kabupaten Gorontalo Barat

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Pohuwato jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Popayato Barat, Kecamatan Popayato, Kecamatan Popayato Timur, kecamatan Lemito dan Kecamatan Wanggarasi.

11. Kabupaten Muna Timur

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Muna jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Maligano, Kecamatan Batukara, Kecamatan Wakorumba Selatan, Kecamatan Pasir Putih Dan kecamatan Pasikolaga.

12. Kabupaten Batui Toili

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Banggai jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Toili Barat, Kecamatan toili, Kecamatan Moilong, Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Batui.

13. Kabupaten Kolaka Selatan

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Kolaka jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Pomalaa, Kecamatan Tanggetada, Kecamatan Polinggona, Kecamatan Watubangga dan Kecamatan Toari.

14. Kota Langoan

Nama calon kota baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Minahasa jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kota ini jika mekar adalah Kecamatan Langoan Utara, Kecamatan Langoan Barat, Kecamatan Langoan Timur dan Kecamatan Langoan Selatan.

15. Kota Rantepao

Nama calon kota baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Toraja Utara jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kota ini jika mekar adalah Kecamatan Sopai Kecamatan Rantepao Kecamatan Kesu Kecamatan Talunglipu dan Kecamatan tondon.

16. Kabupaten Bone Selatan

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Bone jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Ponre, Kecamatan Libureng, Kecamatan Bontocani, Kecamatan Kahu, Kecamatan Patimpeng, Kecamatan Salomeko dan Kecamatan Kajuaral.

17. Kabupaten Bolohuto

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Gorontalo jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Asparaga, Kecamatan Tolangohula, Kecamatan Mootilango, Kecamatan Boliohuto dan Kecamatan Bilato.

18. Kabupaten Minahasa Tengah

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Minahasa Tengah jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Sonder, Kecamatan Kawangkoan Utara, Kecamatan Kawangkoan, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kecamatan Tompaso dan Kecamatan Tompaso barat.

19. Kabupaten Konservasi Tampolore

Nama calon kabupaten baru ini telah diusulkan, nantinya wilayah ini akan dimekarkan dari Kabupaten Poso jika usulan pemekaran tersebut disetujui.

Kecamatan yang diusulkan masuk di kabupaten ini jika mekar adalah Kecamatan Lore Utara, Kecamatan Lore Timur, Kecamatan Lore peore, Kecamatan Lore Tengah, Kecamatan Lore barat dan Kecamatan Lore Selatan.

Itulah informasi 19 daerah yang diusulkan mekar, jika disetujui Indonesia punya banyak sekali kabupaten kota baru seperti dikutip Ayobandung.com dari akun YouTube Atlantis People, Senin 6 Mei 2024. ***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912599257/inilah-19-calon-kabupaten-kota-baru-di-indonesia-sudah-diusulkan-untuk-dimekarkan-tinggal-disetujui?page=all
Tokoh

Graph