Kota Malang Berhasil Menyabet Predikat Kota Terbaik 1 PPD 2024

  • 07 Mei 2024 02:16:11
  • Views: 3

Malang (beritajatim.com) – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menerima langsung predikat Kota terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat nasional tahun 2024 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Lebih istimewa penghargaan prestisius di tingkat Nasional ini diserahkan langsung Presiden RI, Joko Widodo pada Wahyu Hidayat di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senin (6/5/2024). Prestasi ini membanggakan, setelah sebelumnya menempati kota terbaik ketiga di PPD tahun 2023.

Wahyu menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih. Wahyu mengatakan beberapa instruksi yang dia berikan kepada Perangkat Daerah mampu dilakukan dengan baik. Khususnya dalam hal penguatan perencanaan pembangunan daerah.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan ini, tentu ini menjadi motivasi bagi kami Pemerintah Kota Malang untuk selalu meningkatkan kinerja pembangunan daerah dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wahyu.

Wahyu mengatakan salah satu modal besar yang dimiliki Kota Malang saat ini adalah kawasan Kayutangan Heritage. Karena itu, beberapa minggu lalu dirinya berupaya mempromosikan sekaligus memaparkan secara detail dihadapan tim penilai PPD tentang bagaimana inovasi aktivasi kawasan Kayutangan Heritage ini dapat memberikan dampak yang cukup luas bagi Kota Malang.

Pengembangan dan aktivasi kawasan Kayutangan Heritage diklaim berhasil menyedot kunjungan wisatawan dan penguatan ekonomi kreatif. Bahkan diklaim mampu menciptakan multiplayer effect IPM tertinggi se jatim (84.00) dan angka kemiskinan terendah kedua se jatim (4,26 persen).

Wahyu menjelaskan, penghargaan ini diterima Pemerintah Kota Malang setelah melalui tiga tahapan yaitu tahap 1 penilaian dokumen RKPD, tahap 2 presentasi dan wawancara, kemudian tahap 3 kunjungan dan verifikasi lapangan.

“Penilaian tersebut, dilakukan oleh Tim Penilai Indepen (TPI) Nasional berdasarkan empat aspek penilaian antara lain, pencapaian pembangunan, kualitas dokumen RKPD, proses penyusunan perencanaan dan inovasi pembangunan daerah,” ujar Wahyu.

Ia mengaku, setelah melalui beberapa tahapan yang dimulai dari penentuan di provinsi hingga masuk 10 besar nasional. Kemudian verifikasi lapangan mampu mengantarkan daerah yang dipimpinnya berada di posisi kota terbaik pertama se-Indonesia pada ajang PPD 2024. “Allhamdullillah, ini menunjukkan bahwa Kota Malang berhasil baik dalam hal perencanaan, capaian pelaksanaan dan inovasi pembangunan,” kata Wahyu.

Wahyu berharap, melalui penghargaan ini akan dijadikan sebuah motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Khususnya dalam membuat perencanaan pembangunan yang berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat. (Luc/kun)


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/kota-malang-berhasil-menyabet-predikat-kota-terbaik-1-ppd-2024/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joko Widodo,
companies Google,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Malang,