Israel Mulai Pindah Paksa Warga Gaza di Rafah

  • 06 Mei 2024 20:19:30
  • Views: 8

Pengungsi Palestina yang meninggalkan Rafah di Jalur Gaza selatan dengan membawa barang-barang mereka setelah perintah evakuasi oleh Israel.(AFP)

TENTARA Israel mengatakan pihaknya sedang mengevakuasi sekitar 100 ribu orang dari Rafah timur. Itu menjelang serangan darat Israel yang diperkirakan dilakukan di kota selatan Gaza tersebut dalam waktu dekat.

"Perkiraannya sekitar 100 ribu orang," kata seorang juru bicara militer kepada wartawan ketika ditanya banyak orang yang dievakuasi.

Orang-orang diperintahkan untuk pindah ke Muwasi, wilayah kemanusiaan yang dinyatakan Israel di dekat pantai. Tentara mengatakan pihaknya telah memperluas bantuan ke wilayah tersebut, termasuk rumah sakit lapangan, tenda, makanan dan air.

Tentara Israel menambahkan bahwa operasinya untuk mulai mengevakuasi penduduk Rafah timur bersifat sementara dan terbatas. 

Sementara itu, seorang pejabat tinggi PBB menuduh Israel terus menolak akses kemanusiaan PBB di Jalur Gaza. Dia memperingatkan bahwa kelaparan besar-besaran telah terjadi di bagian utara wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang tersebut. (France24/Z-2)


Sumber: https://mediaindonesia.com/internasional/669315/israel-mulai-pindah-paksa-warga-gaza-di-rafah
Tokoh

Graph

Extracted

parties PBB,
nations Israel, Jalur Gaza, Palestina,