Gibran Tanggapi Soal Orang Toxic: Spesifiknya Tanyakan Pak Luhut Saja

  • 06 Mei 2024 15:30:00
  • Views: 3

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku tak tahu siapa yang dimaksud Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan soal orang toxic yang jangan dibawa ke kabinet pemerintahannya dengan Prabowo nanti.

“Spesifiknya siapa (orang toxic) tanyakan Pak Luhut saja,” ujar Gibran ketika ditemui awak media di Gedung DPRD Kota Solo, Jawa Tengah, seusai menghadiri rapat paripurna DPRD Solo, Senin, 6 Mei 2024. 

Ditanya terkait ciri-ciri orang toxic tidak sepaham visi misi Prabowo-Gibran, Gibran mengaku tidak tahu orang yang dimaksud tersebut. Dia menyatakan jika dirinya berkawan dengan semua tidak memandang apakah orang itu dari dalam koalisi partai politik (koalisi Prabowo-Gibran) maupun luar koalisi. 

“Tanyakan ke Pak Luhut nggih, saya tidak tahu orangnya siapa. Yang dimaksud toxic siapa? Kalau saya berkawan dengan semua. Baik di dalam koalisi, luar koalisi saya jadikan teman, saya jadikan guru,” kata dia.

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu, baik di dalam koalisi partai politik Prabowo-Gibran maupun luar koalisi berhak memberikan masukan. Dia memastikan sedari awal dia siap merangkul semuanya.

“Sekali lagi yang di dalam pemerintahan, di luar koalisi ataupun mungkin mantan-mantan kontestan, siapa pun berhak untuk berikan masukan. Dan dari awal sudah kami paparkan, kami siap untuk merangkul semua,” ucap dia.

Iklan

Gibran juga menyebut pihaknya siap menerima masukan dari semua. Bahkan, dia juga siap menerima evaluasi dari semuanya. “Kami siap untuk terima masukan dari semua. Kami siap terima evaluasi dari semua. Jadi ya saya kira tidak masalah,” tuturnya. 

 Adapun Luhut menegaskan pesannya kepada Prabowo Subianto itu dalam acara “Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth” di Jakarta, pada Jumat, 3 Mei 2024.

Menurut Luhut, ini merupakan pelajaran yang ia peroleh dari pengalamannya dalam pemerintahan selama 10 tahun terakhir, di bawah kabinet Presiden Jokowi. Dia menyoroti masalah regulasi oleh pemerintah yang bisa bertentangan dengan kepentingan nasional sebagai salah satu permasalahan dalam pemerintahan Indonesia.

“Untuk presiden terpilih, saya bilang jangan bawa orang toxic ke pemerintahanmu, itu akan sangat merugikan kita,” ucap Luhut .

Pilihan Editor: Sepakat dengan Luhut, Demokrat Tak Ingin 'Orang Toxic' Gabung Pemerintahan Prabowo


Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1864554/gibran-tanggapi-soal-orang-toxic-spesifiknya-tanyakan-pak-luhut-saja
Tokoh









Graph

Extracted

persons Gibran Rakabuming Raka, Joko Widodo, Luhut Binsar Panjaitan, Prabowo,
ministries DPRD,
ngos SEPAHAM,
parties Demokrat,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Solo,