BKKBN Kembangkan Program GenRe untuk Generasi Muda

  • 06 Mei 2024 03:22:42
  • Views: 4

TERNATE - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maluku Utara (Malut) merespon permasalahan yang dihadapi remaja dengan mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe).

"Program ini dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman pendewasaan usia pernikahan sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi," kata Kepala BKKBN Malut, Nuryamin di Ternate, Minggu (5/5).

Menurut Nuryamin, di dalam program GenRe dikembangkan materi-materi di antaranya kesehatan reproduksi, life skill, penyiapan kehidupan berkeluarga, serta kependudukan dan pembangunan keluarga.

"Program GenRe ini juga dilaksanakan melalui pengembangan pusat Informasi dan konseling (PIK) remaja," ungkap Nuryamin.

Baca Juga :

Kepala BKKBN Ingatkan Generasi Muda Papua Harus Cerdas Sambut Indonesia Emas

Sementara itu, para Grand Final Duta GenRe ini juga terdapat 10 finalis terpilih yang telah mengikuti tahapan seleksi yang merupakan putra putri asal Maluku Utara. Di antara para finalis tersebut, siapapun yang akan jadi pemenang duta GenRe akan berjuang pada tahapan selanjutnya untuk mewakili remaja Maluku Utara di kancah Nasional.

Hadir pada kegiatan tersebut, forkopimda Malut, mewakili Wali Kota Ternate, Ketua Forum GenRe Malut, para peserta finalis Duta GenRe Malut.

Plt. Gubernur Maluku Utara yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Fachrudin Tukuboya membuka kegiatan Grand Final Duta GenRe yang diinisiasi oleh BKKBN Provinsi Malut mengatakan, usia remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini menurutnya, mengalami beberapa perubahan yang terjadi baik secara fisik maupun psikologis maupun sosial.

Sehingga, kata Fachrudin, agar masa peralihan ini lebih mengarah pada kegiatan positif maka para remaja harus didukung dengan kreatifitas. Olehnya itu dirinya mengapresiasi melalui kegiatan duta GenRe ini memberikan kontribusi terhadap nila-nilai kebaikan terhadap para remaja di Provinsi Malut.

"Saya menilai program duta GenRe ini sangat bermanfaat bagi perkembangan remaja di Maluku Utara," ucapnya.

Baca Juga :

Cegah Stunting, BKKBN Maluku Utara Edukasi Remaja Soal Anemia

Fachrudin juga berharap para finalis duta GenRe yang terpilih dapat membawa manfaat para remaja tidak hanya menjadi duta saja, tapi mempunyai nilai penting sebagai wujud tanggung jawab untuk menciptakan remaja yang kreatif, inovatif dan berakhlakul karimah.


Redaktur : Sriyono

Penulis : Antara


Sumber: https://koran-jakarta.com/bkkbn-kembangkan-program-genre-untuk-generasi-muda?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BKKBN,
organizations forkopimda,
products emas,
nations Indonesia,
places MALUKU, MALUKU UTARA, PAPUA,
cases stunting,