BTU Pendidikan Pancasila Jadi Kunci Bentuk Karakter

  • 06 Mei 2024 02:21:16
  • Views: 3

JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjelaskan fungsi Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila menjadi kunci membentuk karakter Pancasila pada generasi bangsa.

"Implementasi BTU Pendidikan Pancasila yang menitikberatkan pada praktik aktualisasi nilai-nilai Pancasila, diharapkan mampu mengokohkan para pelajar terhadap pengetahuan, keyakinan dan habituasi Pancasila," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan lunturnya pendidikan pancasila sejak era reformasi, menjadi tanggung jawab bersama untuk menguatkan ideologi negara. Saat ini, BPIP telah bergotong royong dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Kementerian Lembaga lainnya untuk menghidupkan dan menguatkan kembali pancasila melalui BTU Pendidikan Pancasila.

Baca Juga :

BPIP Sebut IAP Bisa untuk Metode Pembumian Pancasila

"Metode pembelajaran yang dihadirkan dalam BTU Pendidikan Pancasila adalah menggunakan model student centered learning, sesuai dengan Kurikulum Merdeka yang mendorong rasa ingin tahu, kreativitas, pola pikir kritis, serta sikap gotong-royong, sehingga metodenya adalah 70 persen praktik dan 30 persen teori," katanya.

Saat menjadi pembicara utama dalam kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila di Pekanbaru, Riau (4/5), ia menjelaskan tujuan implementasi BTU para pemangku kepentingan, dapat menghadirkan materi pendidikan Pancasila yang sesuai dengan fakta sejarah kelahiran, perumusan, dan penetapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, pandangan hidup bangsa, dan falsafah dasar bangsa.

Sementara itu, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso mengatakan kegiatan pembinaan itu diikuti 500 peserta meliputi dosen, guru dan mahasiswa di wilayah Provinsi Riau.

Baca Juga :

Benny Susetyo: Pemegang Kekuasaan Harus Jadi Role Model Nilai Pancasila


Redaktur : Sriyono

Penulis : Antara


Sumber: https://koran-jakarta.com/btu-pendidikan-pancasila-jadi-kunci-bentuk-karakter?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Yudian Wahyudi,
ministries BPIP,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
places DKI Jakarta, RIAU, SULAWESI UTARA,
cities Pekanbaru,