Prakiraan Cuaca Sepekan Jawa Barat, BMKG: Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat Hanya 4 Hari

  • 05 Mei 2024 15:06:35
  • Views: 4

TEMPO.CO, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Jawa Barat pada kurun 6-12 Mei 2024.

"Potensi hujan sedang hingga sangat lebat yang bisa disertai petir, angin kencang dengan skala lokal dan berdurasi singkat diperkirakan hanya empat hari, sementara tiga hari lainnya nihil," ujar Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat Rakhmat Prasetia lewat keterangan tertulis Ahad, 5 Mei 2024.

Menurutnya, diprakirakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat, di antaranya suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia yang relatif hangat, sirkulasi siklonik yang diprakirakan terbentuk di Samudra Hindia sebelah utara Sumatra, Selat Malaka, Laut Arafuru dan Samudra Pasifik utara Papua sehingga dapat membentuk daerah konvergensi. Labilitas atmosfer secara umum sangat bervariasi pada kategori labil ringan hingga kuat.

Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilistik, menurutnya, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat dan peningkatan kecepatan angin di wilayah pesisir selatan.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat pada Senin dan Selasa, 6 - 7 Mei, yang mencakup Bogor, Kota Depok, Sukabumi, dan Cianjur.

Iklan

Sementara Rabu, 8 Mei, kondisi yang sama diprakirakan di Bogor, Kota Depok, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Sedangkan Jumat 10 Mei, kondisi yang sama diprediksi meliputi Bogor, Kota Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, lalu Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, Indramayu, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Ciamis, dan Garut. Adapun tiga hari lainnya, yaitu Kamis, Sabtu, dan Minggu, nihil hujan sedang hingga lebat.

Sebelumnya pada sepekan terakhir sebelumnya, menurut BMKG, hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat serta ekstrem mengguyur sebagian wilayah Bogor, Kota Depok, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Majalengka, Bekasi, dan Karawang.

Pilihan Editor: ITB Naikkan UKT Mahasiswa 2024, Segini Perkiraan Besarannya


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1864221/prakiraan-cuaca-sepekan-jawa-barat-bmkg-potensi-hujan-sedang-hingga-lebat-hanya-4-hari
Tokoh



Graph