Tema, Sejarah dan Daftar Twibbon

  • 05 Mei 2024 14:14:21
  • Views: 8

Jakarta -

Hari Bidan Sedunia atau Hari Bidan Internasional (International Day of Midwife/IDM) diperingati setiap 5 Mei. Peringatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap profesi bidan dan asosiasi mereka yang berkaitan dengan persalinan.

Hari Bidan Sedunia dimanfaatkan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bidan yang ada di seluruh dunia serta perannya untuk wanita yang hamil dan keluarga. Selain itu juga untuk mengampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi.

Tema Hari Bidan Sedunia Tahun 2024

Peringatan tahunan untuk Hari Bidan Sedunia diselenggarakan oleh Konfederasi Bidan Internasional (International Confederation of Midwives/ICM). Tahun ini ICM mengusung tema Hari Bidan Sedunia 2024 dengan slogan 'Midwives: A Vital Climate Solution' atau 'Bidan: Solusi Iklim yang Penting'.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Konfederasi Bidan Internasional (ICM) mengakui bahwa bidan adalah solusi penting dalam mengadaptasi sistem kesehatan terhadap perubahan iklim, dan menurunkan emisi karbon secara keseluruhan. Bidan memberikan pelayanan kesehatan yang aman dan ramah lingkungan serta merupakan responden pertama ketika terjadi bencana iklim.

Model pelayanan kebidanan termasuk ramah lingkungan. Bukti menunjukkan bahwa kesinambungan pelayanan bidan memberikan hasil yang optimal dan aman dengan menggunakan lebih sedikit sumber daya, sehingga mengurangi limbah medis dan mengurangi jejak ekologis.

Poster Hari Bidan Sedunia 2024 (Foto: Situs IDM)Sejarah Peringatan Hari Bidan 5 Mei

Menurut situs National Today, Hari Bidan secara internasional diperingati pada tanggal 5 Mei sejak tahun 1992. Hari Bidan diperingati untuk menghormati pekerjaan bidan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mereka dalam memberikan perawatan penting kepada ibu dan bayi baru lahirnya.

Kebidanan didefinisikan sebagai pelayanan yang terampil, kompeten, dan penuh kasih sayang terhadap ibu hamil, bayi baru lahir, dan keluarga selama kehamilan, kelahiran, nifas, dan minggu-minggu awal kehidupan anak.

Bidan, pelajar bidan, dan staf pendukung persalinan telah berjuang untuk memberikan perawatan terbaik kepada keluarga dan masyarakat selama bertahun-tahun. Peringatan ini dibuat untuk menghormati mereka atas kontribusi mereka terhadap masyarakat.

Konsep Hari Bidan Internasional muncul dari konferensi yang diadakan oleh Konfederasi Bidan Internasional di Belanda pada tahun 1987. Hari Bidan kemudian diperingati di Iran dan Selandia Baru, serta negara-negara lain, pada tahun 2014. Sejak saat itu hingga kini tanggal 5 Mei diperingati sebagai Hari Bidan Sedunia.

Link Twibbon Hari Bidan Sedunia 2024

Ada sejumlah twibbon bertemakan Hari Bidan Sedunia dari Twibbonize yang bisa digunakan untuk merayakan Hari Bidan pada tanggal 5 Mei 2024. Berikut daftar link dan cara menggunakannya:

Twibbon Hari Bidan Sedunia 2024 (Foto: Twibbonize)

Jika twibbon sudah diunduh, selanjutnya kamu tinggal memasukkan foto yang diinginkan ke dalam twibbon tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

Pilih salah satu twibbon yang ingin dipakai dari link di atas.Kemudian, akan diarahkan ke laman Twibbonize, lalu klik 'Pilih Foto'.Pilih foto yang akan digunakan di twibbon, lalu klik OK.Foto yang dipilih akan muncul di twibbon. Letak foto dapat digeser kemudian klik 'crop'.Twibbon sudah jadi. Untuk menggunakannya, klik 'download' dan twibbon akan tersimpan di galeri. (wia/idn)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7325658/hari-bidan-sedunia-5-mei-2024-tema-sejarah-dan-daftar-twibbon
Tokoh

Graph

Extracted

products limbah medis,
nations Belanda, Iran, Selandia Baru,
places DKI Jakarta,