Lebih 100 Tahun Lalu Syekh Nawawi Al-Bantani Ajarkan Pentingnya HAM

  • 05 Mei 2024 10:04:12
  • Views: 5

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Syekh Nawawi Al-Bantani telah mengajarkan pentingnya melindungi hak-hak manusia atau Hak Asasi Manusia (HAM) lebih dari 100 tahun lalu. Bahkan menurut Syekh Nawawi, apabila hak manusia berbenturan dengan hak Allah, maka hak manusia yang harus didahulukan.

“Syekh Nawawi mengatakan, maka didahulukan hak hamba di atas hak Allah, ketika hak Allah dan manusia itu terbentur, yang didahulukan hak hamba-Nya, karena Allah bertoleransi,” ungkap Wapres saat menghadiri acara Haul ke-131 Syekh Nawawi Al-Bantani di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Banten, dikutip Minggu (5/5/2024).

Pendapat Syekh Nawawi tersebut, sambung Wapres, didasari atas tafsir Surat Hud ayat 117 bahwa Allah tidak akan menghancurkan suatu negeri karena kemusyrikannya, sepanjang penduduknya berbuat kebaikan (bermuamalah secara baik dalam kehidupan sosialnya).

“Allah tidak akan menurunkan azab kepada mereka, tapi azab itu turun kalau mereka buruk dalam bermuamalah, dan berusaha menyakiti manusia, dan mendzholimi makhluk-Nya. Manusia disakiti, makhluk dizholimi, buruk dalam muamalah, azabnya baru turun. Tetapi kalau tidak, meskipun musyrik, tidak turun,” terangnya.

Sebab menurut Syekh Nawawi, ungkap Wapres, Allah menangguhkan azabnya kepada manusia yang melanggar hak-Nya kelak di akhirat. Dan sebaliknya, Allah akan langsung menurunkan azab kepada manusia yang melanggar hak manusia lainnya (melakukan dosa sosial) di dunia.

“Artinya kalau hak Allah yang dilanggar, Allah [memberikan] toleransi, tidak langsung disiksa di dunia tetapi ditunda di akhirat. Tapi kalau jelek dalam muamalah, [seperti] menyakiti manusia, Allah menurunkan azab-Nya,” jelas Wapres.

“Ini saya kira hal-hal yang menurut saya luar biasa. Ini menyambung soal penghormatan kepada HAM. Jadi kalau orang sekarang bicara tentang HAM Syekh Nawawi sudah membahas ini lebih dari 100 tahun yang lalu,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebagai informasi, Syekh Nawawi Al-Bantani memiliki nama lengkap Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabi bin Ali bin Jamad bin Janta bin Masbuqil Al-Bantani Al-Jawi. Ia lahir di sebuah desa kecil di Kecamatan Tirtayasa (sekarang Kecamatan Tanara), Serang, Banten, pada 1230 H/1813 M.

Merujuk berbagai sumber, Syekh Nawawi adalah seorang ulama Indonesia bertaraf Internasional yang menjadi Imam Masjidil Haram. Ia mendapat gelar Al-Bantani karena berasal dari Banten, Indonesia.

Syekh Nawawi merupakan ulama dan intelektual yang sangat produktif dalam menulis kitab. Karyanya tidak kurang dari 115 kitab yang meliputi bidang ilmu fiqih, tauhid, tasawuf, tafsir, dan hadis.


Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/05/05/337/3004561/lebih-100-tahun-lalu-syekh-nawawi-al-bantani-ajarkan-pentingnya-ham
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries BIN,
fasums Masjidil Haram,
nations Indonesia,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Serang,
cases HAM,