Pensiun dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Akui Senang Jadi Kurator IKN karena Hal Ini

  • 05 Mei 2024 11:04:07
  • Views: 1

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pasca purna jabatan dan pensiun dari gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi kurator Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mandat untuk menjadi kurator IKN ini diberikan oleh Presiden Jokowi kepada Ridwan Kamil pada November 2023 lalu.

Adapun tugas Ridwan Kamil sebagai kurator IKN adalah untuk memastikan green design (desain hijau), smart design (desain pintar), dan futuristic design (desain futuristik) di IKN tetap terjaga.

Baca Juga: Catat! Jadwal Pencairan Gaji 13 Pensiunan PNS 2024, Apa Saja Komponennya?

Sementara itu, alasan ditunjuknya Ridwan Kamil sebagai kurator IKN adalah karena dirinya merupakan seorang arsitek dengan karya megah mendunia.

Hingga saat ini, Ridwan Kamil memang dikenal telah membangun berbagai macam infrastruktur, baik di Jabar, di Indonesia, maupun di luar negeri.

Salah satu karya yang banyak dibuat oleh Ridwan Kamil adalah bangunan masjid. Diketahui sampai sekarang sudah ada sekitar 70-an masjid yang didesain oleh mantan gubernur Jabar ini.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi menilai bahwa Ridwan Kamil adalah sosok yang cocok menjadi kurator pembangunan IKN karena keilmuannya.

Baca Juga: Baru Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Senilai Rp8,54 Triliun di Jawa Barat Ini Malah Langsung Dijual, Kok Bisa?

Ridwan Kamil sendiri mengaku bahwa ia senang menjadi kurator IKN. Hal ini disampaikan oleh Ridwan Kamil dalam sebuah perbincangan yang diunggah oleh akun YouTube Kompas.com pada 22 April 2024 lalu.

Alasannya adalah karena keilmuan yang ia miliki ternyata dapat memiliki manfaat besar bagi pembangunan bangsa Indonesia.

Bahkan, Ridwan Kamil juga berencana untuk membuat buku terkait pengalamannya dalam menjadi kurator IKN.

"Saya menyukai peran ini karena saya merasa hidup saya jadi arsitek secara ilmu akhirnya Allah takdirkan dipakai banget gitu kan untuk memastikan sebuah projek yang gede banget," ungkap Ridwan Kamil.

"Saya mau bikin buku juga soal meng-kurasi IKN," sambungnya lagi.

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa hingga saat ini, ia sudah banyak mengkoreksi desain maupun beragam konsep di IKN.

Akan tetapi, yang paling ia tekankan dalam koreksinya itu adalah IKN harus lahir sebagai forest city dan menjadi salah satu kota terbaik di dunia.

Baca Juga: Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Sebut Dedi Mulyadi Dilirik Pilgub Jabar

Menariknya, koreksi yang disampaikan oleh Ridwan Kamil sebagai kurator IKN ini dikemas dalam bentuk diskusi. Sehingga, semua pihak yang terkait dalam pembangunan tersebut memahami visi misi IKN sebagai forest city.

Itulah informasi mengenai alasan Ridwan Kamil yang senang menjalankan perannya sebagai kurator IKN usai dirinya pensiun dari gubernur Jabar.***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912584399/pensiun-dari-gubernur-jabar-ridwan-kamil-akui-senang-jadi-kurator-ikn-karena-hal-ini?page=all
Tokoh











Graph

Extracted

persons Ahmad Muzani, Dedi Mulyadi, Joko Widodo, Mulyadi, Ridwan Kamil,
companies YouTube,
parties Gerindra,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
musicclubs APRIL,