Pentingnya Edukasi dan Literasi Agar Tidak Terjebak Investasi Bodong

  • 05 Mei 2024 10:28:41
  • Views: 2

JAKARTA – Masyarakat diminta untuk tidak tergiur dengan penawaran investasi yang memberi untung cepat dan tinggi. Pasalnya hal tersebut merupakan trik penipuan yang sering digunakan para pelaku investasi ilegal atau investasi bodong.

"CWIG hadir di tengah masyarakat untuk memberikan edukasi dan pemahaman terhadap pencegahan dini bahaya investasi ilegal,” ujar Ketua Umum Cerdas Waspada Investasi Global (CWIG), Henry Hosang, dikutip Minggu (5/5/2024).

“Selain itu, kami siap memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang menjadi korban investasi bodong,"sambung Henry.

Dikatakannya, dalam lima tahun belakangan ini korban investasi bodong mencapai angka hingga sebesar Rp139 triliun.

“Itu dari yang terlapor, dan yang tidak terlapor maupun melapor jauh lebih besar dari angka tersebut," katanya.

Dalam melakukan pencegahan dan penindakan secara cepat, CWIG meminta seluruh otoritas seperti Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), BAPPEPTI, OJK, PPATK, Kejaksaan, DPR RI untuk lebih proaktif.

"CWIG akan mengawal peraturan perundang-undangan yang mendukung pemberantasan investasi ilegal, mulai dari proses awal perizinan. Kemudian wajib mentaati semua ketentuan dan aturan yang dibuat oleh pemerintah Republik Indonesia agar tidak menimbulkan kerugian besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara," katanya.

Sementara berdasarkan kajian dan analisa CWIG, ditemukan banyak Token Kripto, Robot Trading dan MLM Ilegal sehingga dibutuhkan pengawalan yang ketat.

"Kami berharap Bareskrim dapat menindak secara tegas para pelanggar aturan hukum," tutup Henry Hosang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya, CWIG menggelar pelantikan dan deklarasi Dewan Pengurus Pusat (DPP) CWIG periode 2024 - 2025 di Hotel Ibis Jakarta. CWIG berlandaskan Pancasila dan bersifat independen serta memiliki 10 program Dasa Cita CWIG.

Salah satu program Dasa Cita CWIG adalah memberikan edukasi kepada masyarakat umum, pemerintah dan swasta tentang pemahaman Blockchain, Cryptocurrency, Artificial Intelegent (AI), pendekteksian dini Investasi Ilegal atau Bodong.

CWIG terdiri dari kalangan praktisi, aktivis dan profesional. CWIG siap membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan, pemantauan dan pelaporan.

Pasalnya, pelaku kejahatan investasi ilegal adalah kejahatan luar biasa yang sangat meresahkan dan merugikan masyarakat.


Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/05/05/337/3004575/pentingnya-edukasi-dan-literasi-agar-tidak-terjebak-investasi-bodong
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries DPR RI, Kejaksaan, Kemendag, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), OJK, PPATK,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,