5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

  • 05 Mei 2024 04:02:01
  • Views: 5

Minggu, 5 Mei 2024 - 04:02 WIB

VIVA – Kekuatan militer merupakan bentuk pertahanan yang wajib dimiliki oleh setiap negara di dunia. Salah satu fungsi kekuatan militer adalah melindungi negara dari ancaman luar, seperti agresi militer dari negara lain atau ancaman terorisme, siber, dan lainnya.

Baca Juga :

Indonesia Menduduki Posisi Pertama dengan Perokok Laki-laki Terbanyak di Dunia

Sangat penting bagi setiap negara untuk memiliki kekuatan militer ini agar bisa melindungi dan mempertahankan kedaulatan negaranya dari ancaman dari dalam dan luar yang mencakup melawan invasi dari negara lain, mempertahankan perbatasan, dan menghadapi pemberontakan.

Dilansir dari Goodstats pada Minggu 5 Mei, berikut lima negara di dunia yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia: 

Baca Juga :

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army)

Baca Juga :

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita

Amerika Serikat (AS) merupakan negara dengan kekuatan militer terkuat berdasarkan data global fire power dengan PwrIndx mencapai 0.0699.

Militer Amerika Serikat adalah salah satu yang paling kuat dan canggih di dunia. Negara ini memiliki kemampuan proyeksi global yang luas berkat pasukan yang terlatih, peralatan canggih, dan teknologi militer terbaru.

Anggaran pertahanan Amerika sangatlah besar, hal ini berhasil mendorong negara tersebut untuk terus memperkuat kekuatan militernya dengan pesawat tempur dan tank tempur, dan lainnya.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

Russia, negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia berada di posisi kedua dengan PwrIndx sebesar 0,0702.

Setelah Amerika Serikat, kekuatan militer Rusia adalah yang terkuat. Negara ini disegani oleh negara lain karena memiliki pasukan tempur modern seperti pesawat tempur, kapal perang, dan rudal balistik.

Selain itu, Rusia memiliki pengalaman berperang, seperti perang dunia kedua, konflik di Suriah, dan konflik di Ukraina. Pengalaman ini memberi mereka kesempatan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan militer mereka.

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

negara China berada di posisi ketiga sebagai negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia dengan Pwrlndx mencapai 0.0706.

China memiliki pasukan militer terbesar di dunia dan telah menginvestasikan banyak uang dalam teknologi militer, seperti kapal perang, peswat tempur, dan senjata canggih lainnya.

Karena China memiliki anggaran pertahanan yang besar untuk moderenisasi militernya, kekuatan militernya terlihat berkembang dengan sangat cepat.

Negara ini menjadi bagian penting dari geopolitik regional dan global karena pertahanan wilayah, kekuatan militer, dan kemampuan cyber dan ruang angkasa.

4. India

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata India (BSS)

India berada di posisi keempat sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dan PwrIndx mencapai 0.1023.

India memiliki banyak tentara untuk melindungi negaranya karena populasinya yang besar. Kekuatan militer India berkembang dengan sangat cepat berkat kerjasama dengan negara lain.

Selain itu, negara ini memiliki kemampuan untuk membuat berbagai jenis senjata dan peralatan militer, termasuk kapal perang, pesawat tempur, dan peralatan tempur canggih lainnya.

5. Korea Selatan

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Korea Selatan (ROK Armed Forces)

Korea Selatan menempati posisi kelima sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dengan PwrIndx mencapai 0.1416.

Korea Selatan masuk ke dalam lima besar negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia, dengan pasukan militer yang terlatih dan peralatan militer pendukung seperti peswat tempur, kapal perang, dan rudal. Kekuatan militer Korea Selatan adalah salah satu yang terbesar dan paling canggih di Asia Timur.

Selain itu, Korsel memiliki hubungan militer dengan Amerika Serikat yang mencakup penempatan pasukan Amerika di negara itu.

Tujuan dari doktrin militer Korea Selatan adalah untuk melindungi stabilitas Semenanjung Korea dan menanggapi ancaman dari Korea Utara.

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) secara resmi mendukung inisiatif sivitas akademika Universitas Indonesia (UI), yang mulai memasifkan protes dan solidaritas terh

VIVA.co.id

5 Mei 2024


Sumber: https://www.viva.co.id/berita/dunia/1711189-5-negara-dengan-kekuatan-militer-terkuat-di-dunia-ada-indonesia?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
ministries TNI,
institutions Universitas Indonesia,
religions Islam,
topics Banjir,
nations Amerika Serikat, India, Indonesia, Korea Selatan, Korea Utara, Republik Rakyat Cina, Rusia, Suriah, Ukraina,
places PAPUA,
cases mayat,