Kronologi Bus Pariwisata Kecelakaan di Tanjakan Malang, Sempat Mundur Tabrak Mobil Lalu Terguling

  • 04 Mei 2024 19:53:31
  • Views: 2

MALANG - Sebuah bus pariwisata dari arah Pantai Balekambang Malang terguling usai tak kuat melintasi jalanan menanjak. Peristiwa ini terjadi di Jalan Raya Balekambang, tepatnya di tanjakan Daun Sempal, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, pada Sabtu sore (4/5/2024), sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapolsek Bantur AKP Sutadi mengungkapkan, kejadian ini berawal dari satu bus pariwisata berukuran medium dengan Nopol W 7065 X, dikemudikan Aan Riawan (30), warga Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, melaju dari selatan ke utara, atau dari arah Pantai Balekambang hendak kembali pulang.

"Kendaraan bus berukuran mikro ini melaju dari selatan ke utara, saat di TKP (Tempat Kejadian Perkara) jalanan menanjak, sopir menggunakan gigi dua," ucap AKP Sutadi, dikonfirmasi pada Sabtu malam (4/5/2024).

Saat memasuki jalan tanjakan, bus tidak kuat melintasi jalanan. Kemudian sang sopir berusaha mengurangi gigi perseling ke gigi satu. Tapi upaya itu gagal membuat bus berjalan maju melewati tanjakan, dan berjalan mundur.

"Bus tidak kuat menanjak hingga berjalan mundur, serta menabrak kendaraan Isuzu elf bernopol AG 7802 UL, di belakangnya yang dikemudikan Sandik Taufik (44) warga Dusun Supiturang, Desa Bocek, Karangploso, dan membuat bus terguling," ungkap dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat peristiwa berlangsung, cuaca juga disebut Sutadi dalam kondisi cerah dan jalanan lurus beraspal. Tapi diakui kondisi jalanan menanjak, membuat sopir bus kurang bisa mengendalikan kendaraannya.

"Faktornya karena sopir kendaraan bus kurang menguasai medan dan kondisi kendaraannya, sehingga menggunakan gigi dua pada saat menanjak yang mengakibatkan kendaraan tidak kuat, dan mundur menabrak kendaraan yang berada dibelakangnya," paparnya.

Dari 25 penumpang bus, disebutkannya empat orang mengalami patah tulang dan satu orang mengalami luka di kepala, serta harus menerima tiga jahitan. "Korban mendapatkan perawatan di Puskesmas Bantur terlebih dahulu," tukasnya.


Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/05/04/519/3004424/kronologi-bus-pariwisata-kecelakaan-di-tanjakan-malang-sempat-mundur-tabrak-mobil-lalu-terguling
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
places JAWA TIMUR, Sumatera Utara,
cities Balekambang, Malang,
cases kecelakaan,
brands Isuzu,