Kursi Ketua Dewan Gresik Segera Diumumkan, Ini Bocoran Pembagiannya

  • 05 Mei 2024 05:41:53
  • Views: 2

Gresik (beritajatim.com) – Kursi Ketua Dewan Gresik segera diumumkan. Dari sejumlah partai politik (Parpol) yang mengikuti kontestan pesta demokrasi. Parpol PKB yang mendapat 14 kursi berhak atas ketua dewan. Disusul Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua atas raihan 10 kursi.

Kepastian Calon Ketua DPRD Gresik akan diumumkan pada Agustus 2024 mendatang. Terkait dengan itu, DPC PKB Gresik telah mengusulkan 5 kandidat kepada DPP PKB Pusat. Sesuai hasil rapat pleno DPC PKB pada 31 Maret lalu.

“Mereka wajib mengikuti uji kelayakan dan kompetensi (UKK) yang diselenggarakan langsung oleh DPP Pusat,” ujar Ketua DPC Gresik, M. Abdul Qodir, Sabtu (4/4/2024).

Para kandidat yang diusulkan yakni Sekretaris DPC PKB Gresik Imron Rosyadi, Ketua F-PKB DPRD Gresik M Syahrul Munir, Bendahara DPC PKB Gresik Mochammad, Bendahara DKC Garda Bangsa Gresik M. Rizaldi Saputra, dan Ketua DPAC PKB Menganti Abdullah Hamdi.

“Sesuai juknis, pengurus DPC hanya memiliki wewenang mengusulkan, selanjutnya DPP yang akan menguji. Mekanisme tersebut juga berlaku bagi daerah dan wilayah lainnya,” ujar Abdul Qodir.

Pelaksanaan UKK akan digelar pada awal Agustus 2024. Setelah tahapan itu selesai, pihaknya akan segera mengumumkan sosok Ketua DPRD Gresik sebelum masa periodisasi anggota legislatif 2019-2024 berakhir.

“Pertimbangan politis juga menjadi salah satu indikator. Khususnya, bagi sosok yang memiliki kemampuan dalam menggerakkan massa hingga menggalang dukungan mengahadapi Pilkada 2024,” ungkap Abdul Qodir.

Untuk posisi Wakil Ketua DPRD yang akan diisi kader Gerindra. Partai berlambang kepala Garuda itu akan menyerahkan sepenuhnya pada rekomendasi DPP Gerindra Pusat.

“Seluruhnya memiliki peluang, silahkan melakukan komunikasi politik bersama pimpinan pusat. Namun, tetap berfokus pada visi misi partai untuk menyejahterakan masyarakat,” pungkas Ketua DPC Gerindra Gresik Asluchul Alif. [dny/ian]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/kursi-ketua-dewan-gresik-segera-diumumkan-ini-bocoran-pembagiannya/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Imron, Imron Rosyadi,
companies Google,
ministries DPRD,
bumns Garuda Indonesia,
ngos GARDA,
parties Gerindra, PKB,
events Pilkada Serentak,
places JAWA TIMUR,
cities Gresik,