Viral Dugaan Penyalahgunaan KIP Kuliah Mahasiswa Undip, Kemendikbud: Tanggung Jawab Kampus

  • 04 Mei 2024 20:47:00
  • Views: 3

TEMPO.CO, Jakarta - Belakangan viral sejumlah mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah atau KIP Kuliah di Universitas Diponegoro, Jawa Tengah yang diduga melakukan penyalahgunaan bantuan dan tidak tepat sasaran. Mereka diduga tidak berhak menerima bantuan itu karena berasal dari ekonomi yang mampu.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) buka suara mengenai kasus ini. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbudristek, Abdul Kahar, mengatakan, masalah ini merupakan tanggung jawab perguruan tinggi. Sebab, kampus yang menyeleksi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah. Hal ini diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek.

“Perguruan Tinggi yang bertanggung jawab karena mereka yang berhadapan langsung dengan mahasiswa,” kata Abdul Kahar saat dihubungi, Sabtu, 4 Mei 2024.

Abdul mengatakan, penerima KIP Kuliah menjadi tidak layak menerima bantuan bila sudah tidak sesuai kriteria. Salah satu kriterianya, kondisi ekonomi mahasiswa sudah mampu atau sudah tidak rentan miskin.

Abdul mencontohkan, di masa pandemi Covid-19, banyak orang tua mahasiswa yang kehilangan pekerjaan atau bangkrut. Usai pandemi, orang tua mereka sudah mendapatkan pekerjaan yang layak dan usahanya bangkit. Dalam kondisi itu, mahasiswa harus secara suka rela mengundurkan sebagai penerima KIP Kuliah.

“Perlu mengundurkan diri supaya bisa dimanfaatkan oleh teman-teman yang masih bernasib kurang beruntung,” kata Abdul.

Menurut Abdul, perguruan tinggi juga harus melakukan evaluasi terhadap penerima KIP Kuliah setiap semester. Evaluasi ini untuk menemukan penerima yang sudah tidak sesuai kriteria.

Iklan

“Seperti yang bersangkutan bukan dari keluarga kurang mampu, maka dapat diberhentikan sebagai penerima. Lalu diajukan pergantian kepada mahasiswa yang memenuhi syarat,” kata Abdul.

Adapun sejumlah mahasiswa penerima KIP-K yang diduga tidak tepat sasaran diungkap oleh beberapa akun X, salah satunya akun DIPS!, @undipmenfes. Akun ini membagikan nama sejumlah mahasiswa yang diduga menyalahgunakan dana bantuan KIP Kuliah.

Dalam akun itu juga mengungkap momen ketika sejumlah mahasiswa itu menampilkan momen gaya hidup mewah dan berwisata di media sosial. Setelah menjadi viral, beberapa mahasiswa itu mengaku mengundurkan diri. Salah satunya adalah mahasiswi berinisial CJM.

Sementara itu, Manajer Layanan Terpadu dan Humas Undip, Utami Setyowati, tidak membalas pesan dan telepon Tempo sejak Kamis 2 Mei 2024. Tempo kembali menghubungi Tempo hari ini. Namun, Utami hanya membaca pesan yang dikirim dari WhatsApp.

Pilihan Editor: Kemendikbud: Penerima KIP Kuliah Boleh Bekerja Jadi Reseller Hingga Youtuber


Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1864028/viral-dugaan-penyalahgunaan-kip-kuliah-mahasiswa-undip-kemendikbud-tanggung-jawab-kampus
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Kahar,
companies Dana, WhatsApp,
ministries Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
institutions Universitas Diponegoro,
products KIP,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cases covid-19,