Pilpres 2024 Diwarnai Sengketa di MK, Airlangga Hartarto Klaim Transisi Pemerintahan Kondusif

  • 05 Mei 2024 03:08:06
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan bagaimana transisi pemerintahan Presiden Jokowi ke presiden terpilih, Prabowo Subianto, berjalan kondusif. Hal itu dia sampaikan saat melayani wawancara Bloomberg TV di London, Inggris, Rabu, 1 Mei 2024. 

“Kestabilan politik menjadi modal Indonesia untuk terus melanjutkan transformasi ekonomi," ujarnya.

Sebelumnya, Pilpres 2024 sempat diwarnai sengketa. Kubu Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud mengguggat Prabowo-Gibran ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, MK menolak seluruh gugatan.

MK menilai, permohonan pemohon tidak berlasan menurut hukum seluruhnya. Meski begitu, ada 3 hakim yang mengungkapkan dissenting opinion.

Airlangga Hartarto mengatakan, kondusivitas sangat penting untuk perekonomian Indonesia. 

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan kesaksiannya dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (5/4/2024). MK memanggil Airlangga beserta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk memberikan keterangan dan pendalaman lebih jauh oleh hakim konstitusi dalam sidang PHPU Pilpres 2024. ANTARA FOTO/Aditya Pradan ANTARA FOTO

"Sepanjang tahun 2023, kami berhasil tumbuh sebesar 5,05 persen. Dalam dua tahun terakhir, ketika persiapan dan pelaksanan pemilu, ekonomi Indonesia tetap tumbuh berkualitas, inflasi terjaga, dan nilai tukar rupiah dijaga dengan seimbang,” sebut Menko Airlangga.

Selain itu, Airlangga juga menjelaskan kebijakan strategis pemerintah Indonesia seperti hilirisasi komoditas nikel. Kebijakan hilirisasi nikel telah memperbaiki posisi neraca perdagangan Indonesia dan transaksi berjalan Indonesia secara signifikan, yang mencatat surplus sejak tahun 2021.

Menjawab persoalan dan peluang di sektor perubahan iklim, maka, menurut Airlangga, investasi pada kendaraan listrik dan energi terbarukan menjadi semakin penting.

Pemerintah mendorong pengembangan teknologi ini untuk mengurangi polusi dan mengurangi kebergantungan pada bahan bakar fosil.

Indonesia, kata Airlangga, diberkahi cadangan nikel bahan utama baterai kendaraan listrik (EV) terbesar di dunia. Posisi geografis yang strategis juga mendukung daya tarik Indonesia untuk menjadi basis produksi EV di Asia, selain China.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018046961/pilpres-2024-diwarnai-sengketa-di-mk-airlangga-hartarto-klaim-transisi-pemerintahan-kondusif?page=all
Tokoh





















Graph