Kepala RS Polri Ungkap Hasil Autopsi Jenazah Taruna STIP Korban Penganiayaan Senior

  • 04 Mei 2024 23:00:00
  • Views: 2

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Brigadir Jenderal Hariyanto, menyatakan rumah sakit kepolisian telah mengautopsi jenazah taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Putu Satria Ananta Rustika, 19 tahun, pada Sabtu pagi, 4 Mei 2024. Korban tewas diduga akibat dianiaya senior di dalam toilet kampus, Cilincing, Jakarta Utara.

“Hari ini telah dilakukan autopsi terhadap jenazah laki-laki inisial P, kelahiran Juni 2005 (19 tahun). Pelaksanaan autopsi sekitar pukul 9 dan selesai sekitar pukul 12,” ujar Hariyanto saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu, 4 Mei 2024.

Hariyanto menjelaskan, hasil autopsi secara umum menemukan luka berupa memar pada mulut, lengan atas dan dada, dan luka lecet di bibir korban. Selain itu, hasil autopsi menunjukkan korban mengalami memar pada paru dan perbendungan organ dalam.

Kepala Kepolisian Resor Jakarta Utara Komisaris Besar Gidion Arif Setyawan menyatakan telah menerima laporan polisi tentang tewasnya siswa tingkat satu di STIP. Dia mengatakan, korban diduga tewas akibat kekerasan oleh seniornya di tingkat dua. “Ada luka kekerasan di bagian sekitar ulu hati,” kata Gidion dalam keterangan resmi, Jumat, 3 Mei 2024.

Iklan

Gidion menuturkan, rekaman CCTV cukup jelas untuk mengungkap rangkaian peristiwa penganiayaan itu. Meski terjadi di salah satu kamar mandi kampus, Gidion memastikan penganiayaan tidak dilakukan saat kegiatan kampus. Penganiayaan itu diduga atas inisiasi seniornya selaku terduga pelaku.

Adapun luka di tubuh korban, kata Gidion, merupakan luka tumpul. Gidion memastikan pemriksaan laboratoris secara forensik dan visum dilakukan oleh dokter yang berkompeten.

Pilihan Editor: Cara Kerja Teknologi Pengintai Asal Israel yang Masuk Indonesia: Palsukan Situs Berita


Sumber: https://metro.tempo.co/read/1864057/kepala-rs-polri-ungkap-hasil-autopsi-jenazah-taruna-stip-korban-penganiayaan-senior
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gidion Arif Setyawan, Hariyanto,
ministries Polisi,
topics autopsi,
products CCTV,
nations Indonesia, Israel,
places DKI Jakarta,
cities Cilincing, Jati, Kramat, Kramat Jati,
cases penganiayaan,